MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGONTROL GERAKAN TANGAN MENGGUNAKAN OTOT HALUS MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS PADA KEGIATAN MOZAIK

Lisna Ariana, Novitawati Novitawati

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus anak dalam mengontrol gerakan tangan menggunakan otot halus dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan motorik halus anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindak kelas, dilaksanakan dengan 4 pertemuan di TK Ash Shabirin pada anak kelompok A1 dengan jumlah 12 orang anak. Data diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas guru, anak, dan hasil perkembangan motorik halus anak dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memperoleh kategori sangat baik, aktivitas anak memproleh kategori sangat aktif dan hasil perkembangan motorik halus anak memperoleh kategori Berkembang Sesusi Harapan (BSH). Maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Project Based Learning dan model Direct Instructions pada kegiatan mozaik dapat mengembangkan motorik halus anak dalam mengontrol gerakan tangan menggunakan otot halus.


Keywords


Motorik Halus, Project Based Learning, Direct Instructions, Kegiatan Mozaik.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., & Muhammad, C. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindak Kelas. Deep Publisher.

Darmiyati, & Antung, M. J. (2017). Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini melalui Model Direct Instructions Kombinasi Model Make a Match dan Pemberian Tugas. J.PPras, 2(1), 7–16.

Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pendagogis. CV. Kaaffah Learning Center.

Faturrohman, M. (2015). Model-model Pembelajran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Fristoni, M., & Fx Mas, S. (2013). Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2).

Hartono, R. (2014). Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid. Diva Press.

Hendrayana, S. P., Debibik, N. F., & Rina, S. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 130–141.

Hikmah, N., & Rini, T. P. W. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak dengan Menggunakan Model Project Based Learning dan Metode Eksperimen. JIKAD: Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia DIni, 3(1), 10–20.

Ilyas, H. ., & Abd, S. (2018). Penting Metedologi Pembelajaran bagi Guru. Jurnal Al- Aulia, 4(1).

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Jaya, & Mertha, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.

Junita, N. P., Ilyas, S. N., & Alriani, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning ( PJBL ) untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu Niza Putri Junita ; Sitti Nurhidayah Ilyas ; Ineke Alriani. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 9–17.

Mahud. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran melalui Supervisi Klinis di SDN Alur Bandung. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 6(2).

Mariati, P. D., Gede, R. G., & Ketut, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Seni Melipat Kertas untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Shannti Kumara III Sempidi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 2(1).

Metroyadi, & Amalia, M. (2018). Efforts to Develop Children Fine Motor Skills Through Sticking Picture Properly by Using Combination of Explicit Instruction Model and Assignment Media Utilizing Natural Materials. Department of Early Childhood Education, 1(2).

Muflihah, A. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 152–160. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.86

Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDI DIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).

Norlatifah, & Novitawati. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Menempel Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Drill Dan Teknik Mozaik Kelompok B. JIKAD Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini, 2(2), 50–58.

Novitawati, Chresty, A., & Sakerani. (2022). Bimbingan Teknis Perencanaan Pembelajaran STEAM bagi Guru PAUD. JCES (Journal of Charactecter Education Society), 5(1).

Nurleni, S., & Anggreani, C. (2022). Mengembangkan Rasa Percaya Diri melalui Model Direct Instruction, Metode Role Playing Berbasis Cerita Daerah. JIKAD: Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia DIni, 2(2), 1–7.

Pane, A., & Muhammad Darwis, D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(3).

Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini, 6(1), 15–20.

Rati, N. W., Nyoman, K., & Nyoman, R. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Retraningrum, W. (2021). Peran Pendidik Mengembangkan Fisik Motorik Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Motorik. Jurnal Warna, 5(1), 40–48.

Rohman, N., & Jonaldy, T. B. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus melalui Kegiatan Mozaik pada Anak Kelompok A TK Al Hidayah Cengkareng Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dan Bisnis, 3(2).

Rokhmawati, Diyah, M., & Kurnia, D. Y. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidikan). Joedu : Journal of Basic Education, 2(1).

Safitri, D., Muawanah, & Yulia, A. N. (2020). Model Pembelajaran yang Efektif di Sekolah Dasar. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1).

Shoimin, A. (2013). 68 Modul Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ Media.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sitepu, J. M., & Sri Rahayu, J. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad, 8(2), 73–83.

Sriyanto, A., Muchammad, A. M., & Dewi, K. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK B Aisyiyah Pandean Kab. Ngawi. Jurnak PGPAUD Pelita Bangsa, 2(2).

Sukmawati, A., Rahman, T., & Rosarina, G. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Literatur Sistematis. JURNAL AGAPEDIA, 5(2).

Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Suriyani, N. K. (2020). Penggunaan Model Direct Instruuctions sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Bleajar. Jouurnal of Education Action




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i3.10065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats