MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE BERCERITA DAN MODEL TALKING STICK MELALUI MEDIA PAPAN CERITA BERGAMBAR

Rumina Rumina, Ririanti Rachmayanie Jamain

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahasa reseptif anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang lebih belum berkembang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan bahasa reseptif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan lembar hasil capaian perkembangan bahasa reseptif anak beserta rubrik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil perkembangan bahasa reseptif anak mencapai kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi metode bercerita, model talking stick, dan media papan cerita bergambar efektif dalam meningkatkan bahasa reseptif anak. Disarankan untuk menggunakan kombinasi tersebut sebagai referensi pembelajaran yang baik dalam meningkatkan perkembangan bahasa reseptif anak.


Keywords


Bahasa Reseptif, Bercerita, Talking Stick, Papan Cerita Bergambar

Full Text:

PDF

References


Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Anggreani, C & Nurleni, S. (2022). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Model Direct Instruction, Metode Role Playing Berbasis Cerita Daerah. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 1–7. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/5439

Ariyanti, T. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/dinamika/article/view/943

Cinantya, C., & Rahmadina, N. (2022). Mengembangkan Aktivitas dan Motorik Halus Anak Kelompok A Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Cokelat Di TK Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20–32. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4696

Darmiyati, & Jannah, A. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini Melalui Model Direct Instruction Kombinasi Model Make A Match dan Pemberian Tugas. Jurnal Paud, 1, 7–16. http://eprints.ulm.ac.id/3184/

Handayani, I. N. (2018). Metode Bercerita Dengan Media Boneka Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Aciece, c, 79–90. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/87

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67.

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015

Maimunah & Cardona, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick dan Permainan Bendera Pintar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(1), 42–51. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4699

Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.

Novitawati, & Fitriana. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka dan Media Papan Planel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25–30. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/3221

Rubaiyah. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Menggunakan Model Talking Stick Siswa Taman Kanak-Kanak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Dan Penelitian Tindakan, 1(54), 210–217. https://pgrikotabjb.or.id/ojs/index.php/jpptk/article/download/122/26

Sari, F. S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok B RA Roudlotul Ulum Pasuruan. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 24–30. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/4232/2721

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.

Sinta, Putri; Hariani, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Papan Cerita Bergambar Dalam Pembelajaran Berbicara di Kelas II SDN Mojowuku Kedamean Gresik. JPGSD, 3(2), 1206–1217. https://www.neliti.com/id/publications/253973/efektifitas-penggunaan-media-papan-cerita-bergambar-dalam-pembelajaran-berbicara

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelaiaran Anak Usia Dini. Comdes.

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70

Syam, F., Oktariana, R., & Simatupang, Y. J. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Metodebercerita Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Geunaseh Ma Gampong Lambaro Sukon Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Ulfah, D., & Umiasih, E. (2021). Stimulasi Keterampilan Bahasa Reseptif Anak Melalui Kegiatan Mendengarkan Cerita Di Tk Miftahul Ulum Pandawangi Malang. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia DIni, 7(2), 2476–9363. https://ojs.unm.ac.id/tematik/article/view/27541/14301




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i3.10066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats