PENANAMAN NILAI MORAL AGAMA AUD MELALUI MODEL MODELING THE WAY, MAKE A MATCH, DAN MEDIA KARTU CERITA BERGAMBAR
Abstract
Kurangnya pembiasaan dalam pengucapan frasa thayyibah, cita-cita moral keagamaan anak-anak belum sepenuhnya tertanam dalam kebiasaan mengucapkannya, yang membuat mereka sulit untuk mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam nilai-nilai moral keagamaan dalam kebiasaan melafalkan kalimat thayyibah. Metodologi penelitian ini adalah desain penelitian tindakan dengan pendekatan dan disusun dalam tiga siklus. Anak kelompok A RA Al-Amin yang memiliki 14 anak menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dengan observasi dan rubrik penilaian untuk menganalisis data kualitatif. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan melalui model modeling the way dikombinasikan dengan make a match, dan media kartu cerita bergambar dapat meningkatkan Penanaman Nilai Moral Agama dalam Pembiasaan Pengucapan Kalimat Thayyibah pada Kelompok A RA Al-Amin dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru untuk bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S. (2010). Perkembangan dan Konsep dasar pengembangan Anak. Universitas Terbuka.
Al-Tabany, T. I. B. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA dan anak usia kelas awal SD/MI implementasi kurikulum 2013. Kencana.
Anggraini, D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 140–149. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2679
Anisa, A., & Faqihatuddiniyah, F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) Dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana Dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga Pada Anak Kelompok B Ra Al-Ihsan Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 33. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4698
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. PT Gramedia Pustaka Utama.
Duroah, Sayekti, T., & Maryani, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).
Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221
Jonas, M. E. (2016). Plato’s Anti-Kohlbergian Program for Moral Education. Journal of Philosophy of Education, 50(2), 205–217. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12201
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali pers.
Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.
Nilawati, T. (2014). Meneropong Perkembangan Anak Usia Dini Perspektif AlQuran. Herya Media.
Norjanah, H., & Asmar, M. (2021). Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral Melalui Kombinasi Model Examples Non Examples Number Head Together (NHT) dan Make a Match pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 13–18.
Rakasiwi, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Modelling the Way Terhadap Pelaksanaan Ibadah Sehari-Hari. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(1), 82–97. https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4201
Ramli. (2015). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasiss Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafinda persada.
Saputri, N. M., & Agusta, A. R. (2022). Meningkatkan Aspek Kognitif Dalam Mencocokan Angka Dengan Lambang Bilangan Pada Anak Tk Menggunakan Model Matamu. JIKAD Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini, 2(2), 19–30.
Sitohang, I. M., & Sari, D. M. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Modeling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Early Childhood Education (JECE), 82.
Sujono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Usia Dini. PT Indeks.
Suriansyah, S., & Noorhafizah. (n.d.). Strategi Pembelajaran. In 2014. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Susanto, A. (2015). Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Kencana.
Wahyu, & Maimunah, M. (2018). Development of Reliigious and Moral Values on 4-5 Years Old Children in Imitating Prayer Movemment (Shalat) Using Simulation and Rewarrding Methodds. Journal of K6 Education and Management, 1(2), 7–10.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i3.10641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats