IMPLEMENTASI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING), METODE BERNYANYI DAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengingat dan melafalkan kata bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran dan pembelajaran yang diberikan kurang menarik sehingga anak cepat bosan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Model Problem based learning, Metode Bernyanyi dan Media flashcard. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil kemampuan bahasa anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian kemampuan bahasa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 3 mengalami peningkatan dari 81% meningkat menjadi 100%. Aktivitas anak pertemuan 1 sampai 3 mendapat 62,25% meningkat hingga 87,5%. Hasil perkembangan bahasa pertemuan 1 sampai 3 mendapat skor 72% meningkat hingga 100%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model PBL dengan Media flashcard dapat mengembangkan aktivitas dan hasil kemampauan bahasa anak dengan sangat baik dan seluruh anak aktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, W., & Hananik, I. (2023). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Ekspresif) melalui Metode Bercerita, Media Gambar Seri, dan Model Talking Stick. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 1–8.
Adhani, D., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 109–117.
Amalia, & Maimunah. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi Berbantuan Kartu Huruf. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 21–30.
Ariana, L., & Novitawati. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus melalui Kombinasi Model Project Based Learning dan Model Direct Instructions pada Kegiatan Mozaik. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 32–41.
Arnafama, P. M. H., & Sari, D. (2023). Mengembangkan Aspek Motorik Halus Menggunakan Model Problem Based Learning, Model Examples Non Examples Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 1–8.
Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(2), 124–129.
Azkia, K., & Sakerani. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction dan SAVI. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 42–49.
Batu, R. P., Ardana, I. K., & Tirtayani, L. A. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Media E-flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosa Kata Bahasa Inggris Pada Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(3), 368–377.
Damayanti, A. D. (2020). Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Materi Nama-nama Benda Alam Sekitar melalui Media Flash Card Siswa Kelas II MIN 1 Kota Surabaya.
Fadillah, M. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenamedia Group.
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriani, D. A., & Sulistiyana. (2024). Mengembangkan Bahasa Reseptif Menggunakan Model Time Token, Metode Bercerita, Media Digital pada Anak Kelompok B3. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 50–59.
Hashilah, Y. (2019). Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di Kelompok B Di TK Khazanah Kids School Kota Sepang Raya Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ikhwan, H. (2014). Pengembangan Media Flashcard Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (Stad) Tema Polusi Udara. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 481–486.
Lestari, I. Y. (2012). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok B di RA Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Maghfiroh, L. (2018). Analisis Faktor Dominan yang berhubungan dengan Perilaku Picky Eater Pada Anak Toddler di Keputih Kecamatan Sukolilo Surabaya. Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.
Mawaddah, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Eksperimen Dengan Media LOTTO Pada Anak Usia 4 Tahun Di TK Harapan Bunda Sungai Andai.
Muryanti, E., & Herman, Y. (2019). Introducing English Vocabularies to Children by Joli-Joli Play. Jurnal of English Language Pedagogy, 4(2), 27–33.
Novita, & Sulistiyana. (2023). Mengenal Huruf dengan Kombinasi Model Demonstratioin, Make a Match, Metode Bermain dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 17–27.
Nulanda., E. F. dan P. Z. (2017). Efektivitas Media Flashcards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2): 167–182.
Nurhanifah, D., & Rachman, A. (2024). Mengembangkan Kemampuan Menceritakan Kembali Menggunakan Model Direct Instruction dan Talking Stick dengan Media Boneka Tangan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 1–9.
Nursyafitri, A., & Rizalie, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stick dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 28–34.
Nyoman Adi Putra, I., Nyoman Jampel, I., Gede Wawan Sudatha, I., & Studi Teknologi Pendidikan, P. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 30–39.
Permendikbud, R. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31.
Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak AL-Kautsar Bandar Lampung. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Rasyid, father. (2010). Cerdas Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta : Diva Press.
Rumina, & Jamain, R. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita dan Model Talking Stick melalui Media Papan Cerita Bergambar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 42–49.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.
Siswoyo, A. A., & Hotimah, K. (2021). Pengembangan Budaya Literasi Menulis bagi Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan PTK dan Artikel Ilmiah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51.
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (1st ed.). Comdes.
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran., Vol. 5., Hal 29-37.
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106-116.
Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728.
Vera, K., & Wardani, K. W. (2018). Jurnal riset teknologi dan inovasi pendidikan peningkatan keterampilan berfikir kritis melalui model problem based learning berbantuan audio visual pada siswa kelas IV SD. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 33–45.
Yulianti, E., & Rachman, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stick dengn Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 1–9.
Yusnila Sinaga, D., Habibih Hasibuan, S., Habibah Sembiring, E., & Artikel, S. (2022). Implementasi Metode Cerita Islami dalam Penanaman Moral Keagamaan. Journal on Islamic Education, 5(2), 1–16.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12613
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats