MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK, WARNA DAN UKURAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PAPAN KANCING PINTAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Monalisa Monalisa, Maimunah Maimunah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk, warna dan ukuran belum berkembang sesuai harapan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang menarik, kurangnya kegiatan mengembangkan kemampuan mengenal bentuk, warna dan ukuran serta bersifat abstrak. Adapun yang dapat dilakukan adalah menggunakan model problem based learning dan media papan kancing pintar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan anak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin dengan jumlah anak 12 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas anak, lembar hasil capaian perkembangan, dan rubrik penilaian digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Aktvitas guru pertemuan I-IV terlaksana dari skor 23 sampai 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pertemuan I-IV terlaksana dari awalnya 41,7% mencapai 91,7% dengan kriteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak pada pertemuan I-IV meningkat dari 41,7% hingga mencapai 91,7% dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif masukan dalam pemilihan model pembelajaran.


Keywords


Kognitif, Mengenal Bentuk, Warna dan Ukuran, Model Problem Based Learning, Media Papan Kancing Pintar

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. N. P., Pudjawan, K., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok A di Paud Pradnya Paramita Penarungan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Ariana, L., & Novitawati. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus melalui Kombinasi Model Project Based Learning dan Model Direct Instructions pada Kegiatan Mozaik. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 32–41.

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 53–60.

Dewi, R. K., Kamid, & Saharudin. (2019). Pemerolehan Pengetahuan Matematika pada Anak Usia Dini. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 53–60.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Fatimah, M., Aslamiah, & Purwanti, R. (2021). Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas, dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle, dan Kegiatan Melipat pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 34–41.

Fitriana, & Novitawati. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make a Match, Metode Bermain Angka dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25–30.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Harahap, A. I., Sit, M., & Basri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Experimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 129–139.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IIndonesia Nomor 146 Tahun 2014. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. (2009). Salinan Peraturan Menteri Pendidikn Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. In Menteri Pendidikan Nasional.

Kemendiknas. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. In Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Mega, & Wahyudi, M. D. (2021). Mengembangkan Kognitif Melalui Model Picture And Picture Dan Creative Problem Solving Di TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 13–24.

Muhjahaddah, Effendi, R., & Rafianti, W. R. (2021). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Menggunakan Model Demonstration, Model Number Head Together dan Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1–7.

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup: Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Norjanah, H., & Asmar, M. (2021). Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral melalui Kombinasi Model Examples Non Examples dengan Model Number Head Together (NHT) dan Make a Match Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 13–18.

Novita, & Sulistiyana. (2023). Mengenal Huruf dengan Kombinasi Model Demonstratioin, Make a Match, Metode Bermain dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 17–27.

Pa’indu, S., Sinaga, R., & Keriapy, F. (2020). Studi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Sentra Balok. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 78–91.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1.

Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1472–1479.

Pratiwi, W., Haenillah, E. Y., & Sasmiati. (2016). Permainan Pembangunan Meningkatkan Kemampuan Mengenal Ukuran. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Purwanti, R., Mukaramah, M., & Huljannah, M. (2021). Improving Children’s Cognitive Using The Talking Stick Model And Flanelboard Media In Group B TK Pertiwi. E-CHIEF Journal, 1(2), 35–42.

Putri, S. A., & Suriansyah, A. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Model Take and Give, Model Savi, Dan Metode Drill Pada Anak Usia Dini. E-CHIEF Journal, 1(1), 30.

Rahmat, P. S. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, & Sari, N. P. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Examples Non Examples Dengan Media Konkrit. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 1.

Rezkya, J., & Faqihatuddiniyah. (2024). Mengembangkan Motorik Halus (Menggunting) Menggunakan Model Direct Instruction dan Media Gambar pada TK Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 40–49.

Sa’ida, N., Kurniawati, T., & Wahono. (2017). Problem based learning sebagai upaya pengenalan konsep pengukuran pada anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 212–220.

Salsabila, N., & Novitawati. (2021). Mengembangkan Kemampuan Anak dalam Aktivitas Eksploratif melalui Model Picture and Picture, Metode Eksperimen dengann Media Loose Parts. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 42–51.

Samiyah, & Anggraeni, C. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi melalui Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Bercerita dengan Cerita Rakyat di TK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52–60.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Issue v. 1). Yayasan Barcode.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher’s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6, Education, and Management, 2(2), 126–132.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Trygu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika. Spasi Media.

Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi Contohnya. Yogyakarta: Deepublish.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats