MENGEMBANGKAN SIKAP KOOPERATIF MENGGUNAKAN MODEL NATURE PROJECT TOGETHER PADA ANAK KELOMPOK B

Nida’atul Hasanah, Akhmad Riandy Agusta

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat kesenjangan antara kondisi ideal dan kondisi nyata yaitu seharusnya anak mampu bergabung dan berinteraksi bersama kelompok, anak mampu bertanggung jawab menyelesaikan tugas, anak mampu membantu teman, anak mampu menghargai hasil karya dan memberi pujian, namun yang terjadi pada anak malah sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis penelitian tindakan kelas sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan sosial emosional. Subyek penelitian yaitu anak kelompok B TK Anggrek DWP Unlam Banjarmasin yang berjumlah 12 orang anak. Hasill penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapatkan skor 26, pertemuan II mendapat skor 31, pertemuan III mendapatkan skor 37, dan pertemuan IV mendapatkan skor 42. Aktivitas anak pada pertemuan I memperoleh persentase 50%, pertemuan II mendapatkan persentase 66,6%, pertemuan III mendapatkan persentase 83,3% dan pertemuan IV mendapatkan persentase 100%. Hasil perkembangan sosial emosional anak pertemuan I memperoleh persentase 25%, pertemuan II memperoleh persentase 83,3%, pertemuan III memperoleh persentase 100%, dan pertemuan IV memperoleh persentase 100%.


Keywords


Project Based Learning, Numbered Head Together

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459.

Aminah, M., & Radiansyah. (2021). Developing Cognitive Development of Children Using Combination of Rection Model of Group B1 at Islamic Bakti 1 Banjarmasin. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(2), 1–8.

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); 1st ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Cardona, F., & Maimunah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick dan Permainan Bendera Pintar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42–51.

Dianita, S., Triyono, T., & Arifin, I. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1277.

Dwi Retnowati, muhamad Ali, S. L. (2017). Peningkatan Sikap Saling Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Aisyiyah Melawi. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction, 2(1), 56–65.

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru (D. Sumayyah (ed.)). Bandung: PT. Refika Aditama.

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(1), 60–71.

Indah, & Purwanti, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 31.

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). Strategi Pembelajaran Aktif Pada Anak Usia Dini. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 60–72.

Juwita, R., Munajat, A., & Elnawati. (2019). Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Sukabumi. Utile: Jurnal Kependidikan, 5(2), 144–152.

Kadir, A. (2015). Dasar-dasar Pendidikan (3rd ed.). Jakarta: KENCANA.

Khaironi, M. (2018). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Maresha, O. D., & Stanislaus, S. (2018). Keefektifan Permainan Kooperatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Kemala Bhayangkari 81 Magelang. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 4(1), 44–51.

Maulidia, D. S., & Wahyudi, M. D. (2022). Developing Children’s Religious and Moral Values in Recognizing Good and Bad Behavior by Using a Combination of Problem Based Learning (PBL) Model and Talking Stick Model with Pop Up Book Media in Group B. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 2(2), 1–10.

Nisa, H., & Jamain, R. R. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Menggunakan Model Picture and Picture, Direct Instruction dan Pemberian Tugas pada Kelompok B3. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 8–18.

Nurfazrina, S. A., Muslihin, He. Y., & Sumardi. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299.

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102.

Nursyafitri, A., & Rizalie, A. M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stick Dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi , Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 28–34.

Perdina, S. (2023, January). Meningkatkan kemampuan kerjasama melalui permainan bahan alam di tk mekar gemilang kubu raya. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP) (Vol. 2, pp. 220-229).

Priyadi, U., Prabowo, W. A., Sari, D. M. (2013). Membangun Kepercayaan Diri Anak melalui Pelatihan Public Speaking Guna Persiapkan Generasi Berkarakter. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 88–93.

Ramadhani, N., & Kamtini. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Number Heads Together ( Nht ) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk . Al-Ikhlas Kecamatan Bintang Bayu Kab . Serdang. 1(2), 44–62.

Rehny, Z., & Permatasari, N. (2023). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif pada Proses Sains Menggunakan Model Project Based Learning Kelompok A TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(2), 18–24.

Rezkya, J., & Faqihatuddiniyah. (2024). Mengembangkan Motorik Halus (Menggunting) Menggunakan Model Direct Instruction dan Media Gambar pada TK Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 40–49.

Ristyadewi, F., & Fitria, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Game Powerpoint. AUDHI, 5(02), 82–95.

Rohmah, J. (2018). Pembentukan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pujian. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1).

Salsabila, J., & Nurmaniah, N. (2021). Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim. Jurnal Golden Age, 5(01), 111–118.

Samiyah, & Anggraeni, C. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi melalui Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Bercerita dengan Cerita Rakyat di TK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52–60.

Sujiyono YN. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Suriansyah, A. (2014). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. 234–247.

Susanti, S. O. D., & Faqihatuddiniyah. (2023). Develop Social Emotional in Recognizing Colors Using Experimental Methods with Extration Models in Group B. E-Chief Journal




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats