MENGEMBANGKAN KOGNITIF MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI TK

mega mega, Mohammad Dani Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif anak dalam Mengenal lambang bilangan 1-10 menggunakan Model Picture and Picture (PP), Creative Problem Solving (CPS), dan media gambar Kelompok A TK Pertiwi Barito Kuala yang pada jumlah anak 9 orang. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan guru berhasil melaksanakan proses pembelajaran dengan kriteria sangat baik, keaktifan anak melakukan proses pembelajaran mencapai 55% dengan kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai berkembang dengan persentase 82% sesuai dengan indikator perkembangan anak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model Picture and Picture dan Creative Problem Solving pada anak Kelompok A TK Pertiwi Batola. Disarankan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pengembangan pembelajaran kognitif khususnya dalam mengenal lambang bilangan sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan anak.

Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Picture and Picture dan Creative

Problem Solving


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.

Isjoni. (2017). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD (JIKAD), 1(1), 25-30.

Putri, S. A. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Model Take And Give, Model Savi, Dan Metode Drill Pada Anak Usia Dini. E-CHIEF Journal, 1(1), 30-35.

Septian, A., Budiman, H., Suwarman, R. F., & Yuningsih, Y. (2020). Improving mathematic creative thinking skill using creative problem solving learning model. Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices, 1(2), 73-77.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suparmi, N. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dialog Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 144-153.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Stra-tegi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes.

Kurniasih, Imas & sani, Berlin. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Sanjaya, (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudin, U dan Agustin M. (2012). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Yuliani, I., Kanzunnudin, M., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Dasar. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 29-36.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats