MENGEMBANGKAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA BOWLING, MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE BERMAIN DAN PEMBERIAN TUGAS DI TK
Abstract
Abstrak
Pujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan bowling menggunakan kombinasi model explicit instruction, metode bermain dan pemberian tugas pada kelompok B TK Mawar Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis data menggunakan analisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Penelitian ini dilakukan dalam 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B TK Mawar dengan jumlah anak sebanyak 23 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Melalui indikator keberhasilan aktivitas guru memperoleh skor ≥27 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh ≥81% sangat aktif. Hasil aktivitas guru saat mengembangkan kemampuan kognitif anak menggunakan media bowling kombinasi model explicit instructin, metode bermain dan pemberian tugas yaitu mendapatkan kriteria sangat baik dengan skor 30, aktivitas anak mendapat kriteria sangat aktif dengan presentase 82,61%, Hasil pencapaian perkembangan kemampuan kognitif anak disetiap pertemuannya terjadi peningkatan maka mendapatkan kriteria berkembang sangat baik (BSH) dengan presentase 82,61%. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan untuk peningkatan aspek kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan.
Kata kunci: Kognitif, Media Bowling, Explicit Instruction, Metode bermain dan Pemberian Tugas
Full Text:
PDFReferences
Aryani, P. A., Agung, A. A. G., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bowling Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Huruf Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Dimyati, J. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Darmiyati, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini Melalui Model Direct Instruction Kombinasi Model Make A Match dan Pemberian Tugas. Jurnal Paud.
Idris, M. H. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini melalui Dongeng. Jakarta: Luxima
Idris, M. H. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini melalui Dongeng. Jakarta: Luxima
Masitoh, D. (2011). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Rahayu, P., Yusnira, Y., & Alim, M. L. (2020). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling Aritmatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Journal on Teacher Education, 2(1), 256-261
Rangkuti, D. (2021). Penerapan Media Bermain Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Angka Pada Anak Ditingkat Di Tk/Paud Adetia Tembung. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 4, No. 1, pp. 64-70).
Sari, M. D. P., Wirya, N., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Balok Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Sood, S., & Mackey, M. (2015). Examining the Effects of Number Sense Instruction on Mathematics Competence of Kindergarten Students. International Journal of Humanities
Suriansyah, Ahmad. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo. Persada
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wijana, Widarmi D, dkk. (2014. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Zaman, B. (2011). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4289
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats