MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM AKTIVITAS EKSPLORATIF MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE, METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA LOOSE PARTS

Nur Salsabila, Novitawati Novitawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas eksploratif yang masih belum berkembang. Penelitian ini tujuannya ialah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas eksploratif menggunakan kombinasi model Picture and Picture, metode Eksperimen dengan media Loose Parts. Pendekatan penelitian yang diterapkan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 pertemuan bertempat di TK Kemala Bhayangkari 14 Marabahan pada kelompok B2 dengan jumlah 6 orang anak. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru meningkat dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak secara klasikal meningkat dengan kriteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak secara klasikal berhasil berkembang dengan mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan memilih model pembelajaran untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas eksploratif.

Kata kunci: Aktivitas eksploratif, Picture and Picture, Eksperimen, Loose Parts.


Full Text:

PDF

References


Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of interactive media for ICT learning at elementary school based on student self learning. Journal of Education and Learning, 7(2), 121-128.

Djamarah, S. B. (2014). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Erviana, R., Ahmad, K. I., & Sari, N. P. (2019). Developing Cognitive Ability to Matching Numbers and Symbol Using a Combination of Models, Methods, and Media Learning. Journal of K6 Education and Management, 2(4), 271-282.

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Furi, A. Z., & Harmawati. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Emphaty Cons-Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 7-19.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Inderianty, P. (2018). Effort to Develop Children's Cognitive Aspect in Showing Exploratory and Probing Activities Using Experimental Method and Make A Match Model. Journal of K6 Education and Management, 1(3), 19-24.

Isjoni. (2014). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standard Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud RI Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2016). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Mandagi, M. O., & Nyoman, S. D. (2019). Model dan Rancangan Pembelajaran. Malang: Seribu Bintang.

Masitoh., Djoehaeri, H., & Setiasih, O. (2014). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mujiati, M., Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher’s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6 Education and Management, 2(2), 126-132.

Mulyasa, H. E. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Norhafizah., Novitawati., & Amelia, R. (2017). Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif (Menunjukkan Aktivitas yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidik) Melalui Metode Eksperimen Sederhana Membuat Ice Cream Di TK Madinaturramlah Banjarmasin. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 1-6.

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013). Penerapan pembelajaran Picture and Picture berbantuan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan perkembangan kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Puriani, N. P. A., Parmiti, D. P., & Wirya, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Melalui Kegiatan Bermain Balok Istimewa Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak TK Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.

Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suriansyah, A., Aslamiah., Sulaiman., & Norhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syamsidah. (2017). 100 Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats