MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION, METODE ROLE PLAYING BERBASIS CERITA DAERAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rasa percaya diri anak melalui metode role playing berbasis cerita daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 orang anak. Alat pengumpulan data yang digunakan seperti lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan teknis analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rasa percaya diri anak secara klasikal pada siklus 1 sebesar 50% dengan kategori mulai berkembang, meningkat pada siklus 2 sebesar 83% dengan kategori berkembang sangat baik. Peningkatan rasa percaya diri anak pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33%. Pelaksanaan penelitian ini sudah mencapai kreriteria yang telah ditetapkan yaitu ≥75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing berbasis cerita daerah dapat mengembangkan rasa percaya diri anak kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chotimah, C, dan Fathurrohman, M. (2017). Paradigma Baru System Pembelajaran; dari teori, metode, model, media, hingga evaluasi pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, Panduan untuk Pendidik, Mahasiswa, dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nuraeni. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA (PRISMA SAINS), Vol.2(No.2), hlm.143-149.
Novita, dkk. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sundari, Fitri,dkk. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. PEDAGONAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1): 26-36.
Suprayitno, A. (2019). Pedoman Penyusunan dan Peenulisan Jurnal Ilmiah bagi Guru. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Suriansyah, A., Aslamiah, Noorhafizah, & Sulaiman. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suriansyah, Ahmad and Aslamiah, Aslamiah (2011) Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. COMDES, Banjarmasin.
Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Suyadi dan Ulfah M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenada Media Grup.
Yufiarti, & Chandrawati, T. 2014. Profesionalitas Guru PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Yusuf, Syamsu L.N dan Sugandhi, Nani M. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahyudin, U dan Agustin M. (2012). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats