MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN ANGKA DENGAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK TK MENGGUNAKAN MODEL MATAMU
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah masih belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan, dibuktikan dari penilaian perkembangan anak sekitar 25% berhasil mengenal konsep lambang bilangan dan 75% yang belum berhasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi, dan aspek kognitif dengan menggunakan model MATAMU. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi anak kelompok B berjumlah 9 anak. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengembangan aspek kognitif dalam mengenal konsep dan lambang bilangan dengan menggunakan model MATAMU aktivitas guru memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak memperoleh skor 88,9% dengan kriteria sangat aktif. Motivasi anak memperoleh skor 88.9% dengan kriteria sangat tinggi dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 77,7% atau masuk kriteria berkembang sesuai harapan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrida, S., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Dan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Kearipan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 52-65.
Anwariningsih, Huning, S., & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive. Journal of Education and Learning, 121-128.
Badar Al-Tabany, T. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenadamedia Group.
Erlisnawati, & Marhadi. (2015). Implementasi Model Pembelajaran. Ejurnal UNRI: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2942/2874.
Fatimah, I. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 28-37.
Hawadi, L. F. (2012). Pentunjuk tektis penyelenggaraan taman. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia.
Huda. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husanah, & Yanur, S. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis. Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Kustiawan, U. (2016). engembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25-30.
Pertiwi, I. N., Sumarno, S., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Reza, A. R. N., & Hananik, I. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Model Demonstration Dan Metode Pemberian Tugas Di Kelompok A Ra Muslimat NU Pasayangan Martapura. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 10-19.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2015). K urikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sardirman, A. (2016). teraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Setini, A., & Priansa, D. J. (2015). ajemen Anakdan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Sulistiyana, S. (2021). Mengembangkan Motorik Halus Menggunakan Metode Demonstrasi, Pemberian Tugas Dan Teknik Mozaik Tk Al-Amin Martapura. E-CHIEF Journal, 1(2), 18-24.
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: PT. Rajagrafindo Persada.
Suriansyah, A., Aslamiah, A., & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Preneda Media Group.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats