MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK MENGENAL BENDA BERDASARKAN FUNGSINYA MELALUI DEMAMAPAPA DI KELOMPOK B TK NEGERI BARAMBAI
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan kognitif pada anak kelompok B dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B berjumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas anak dan aspek kognitif dalam mengenal benda berdasarkan fungsinya melalui kombinasi model DEMAMAPAPA (metode DEmonstration, MAke a MAtch dan media PAPAn flannel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan kategori sangat baik, aktivitas anak memperoleh kategori aktif dan hasil pencapaian perkembangan kognitif mendapatkan kategori BSH.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrida, S., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Dan Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Kearipan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 52-65.
Anggraini, P. D., & Hidayati, Y. M. (2022). Keefektifan Model Demonstrasi dengan Media Screencast O Matic untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme dan Hasil Belajar PKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 5860-5867.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Hidayat, O. S. (2020). Pendidikan Karakter Anak. Jawa Timur: UNJ Press.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Perdana Publishing.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Masitoh, & dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Surakarta: Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Surakarta: Universitas Terbuka.
Mulyasa (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
Pudjawan, K., Ujianti, P. R., & Resmini, N. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2), 201-211.
Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2020, November). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep Angka di TK/PAUD. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1, Pp. 77-85).
Riyanti, T., & Hadiansah, H. (2021). Pengembangan Kartu Games Make A Match Berbasis Qr Code Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 1-9.
Sakti, H. G., & Parhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 7(3), 226-231.
Sardiman. (2019). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.
Suriansyah, Ahmad and Aslamiah. (2011) Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: COMDES.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats