MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK, METODE ABJAD DAN METODE BUNYI BERBANTUAN KARTU HURUF

Amalia Amalia, Maimunah Maimunah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kemampuan bahasa anak dalam menyebutkan simbol-simbol huruf belum Berkembang Sesuai Harapan. Hal ini disebabkan oleh karena pembelajaran yang masih bersifat abstrak, tidak menggunakan media,  kurang menarik minat anak dan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (Teacher Centre). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu menggunakan kombinasi model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi Berbantuan Kartu Huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelompok B TK Nurul Huda Amuntai Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik Deskriptif dan Croos Tabel dengan tujuan memperbaiki proses pembelajaran khususnya dalam menyebutkan symbol-simbol huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1-4 mengalami peningkatan dari 20 samoai 28 dengan kategori Sangat Baik. Pada aktivitas anak dari pertemuan 1-4 meningkat dari 40% mencapai 100% dengan kategori Seluruh Anak Aktif dan capaian perkembangan bahasa anak meningkat dari 20% menjadi 100%.


 


Keywords


Kemampuan Bahasa, Menyebutkan Simbol-simbol Huruf, Talking Stick, Metode Abjad, Metode Bunyi, Kartu Huruf

Full Text:

PDF

References


Barnawi, d. (2019). Improve Teachers Ability in Compiling Classroom Action Research Through Workshop Aktivities. Action Research Journal Indonesia, Vol. 1 No. 2 (1-12).

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Vol. 2 No. 2.

Heilmann, J. J. (2018). Using Alphabet Knowladge to Track the Emergent Literacy Skills Of Children in Head Start. Topic in Early Childhood Special Education , Vol. 38 No. 2 118-128.

Ilma, N. d. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (THINK-PAIR-SHARE) Berbantuan Media Kartu Huruf untuk meningkatkan kemampuan Mengenal Huruf. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 2 No. 3.

Lestari, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Huruf di TK Kusuma Putra Surabaya. PAUD Teratai, Vol. 8 No. 2.

Pangastuti, R. d. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melaui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal Of Early Chilhood Islamic Education , Vol. 1 No. 1.

Paridah, d. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf dengan Media Kartu Huruf Usia 5-6 Tahun. Journal Of Education Researc, Vol. 1 No. 3 Page 213-217.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas . Sleman: CV Budi Utama.

Purwanti, R. d. (2020). Model GELPITAS (gerak &lagu, picture &picture, talkingstick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 7 No. 2.

Rosi'a, d. M.-G. (2021). The Effectiveness of Using Letter Card Media in Indonesian Language Learning in Improving Reading Ability of Class 1 Stundent at MI Miftahul Ulum Karangsari Weru District, Cirebon Regency. Action Research Journal Indonesia, Vol. 3 No. 3 (222-224).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif . Sleman: CV Budi Utama.

Setyowati, E. B. (2012). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Prasekolah (4-6 tahun) dengan Pendidikan Ibu. Jurnal Akademi Kebidanan Griya Usada, Vol.1 No. 6.

Sugiantiningsih, I. A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Vol. 2 No. 3.

Suhardiana, I. P. (2018). Model Pembelajaran Talking Stik Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Pratama Widya, Vol. 3 No. 1 hal. 43.

Sukmadiani, N. P. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 2 No. 1.

Suseno, L. C. (2020). Talking Stick Learning Model, How Significant Is the Impact on the PGSD Student's Speaking Skills. Jurnal Ilmu Pendidikan , Vol. 26 No. 2.

Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 3 No. 2.

Usiono, d. (2021). Improving the Ability to Read the Qur'an For Elementary School Age Children Using Iqra' Method with Letters Card Media. Jurnal Basicedu, Vol. 5 No. 5 (3492).

Veryawan. (2020). Media Kartu Huruf dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. LENTERA : Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, Vol. 2 No. 2 151-164.

Wasilah, G. (2016). UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENGULANG KALIMAT SEDERHANA MELALUI MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TERPADU DARUNNAJAH MARTAPURA KABUPATEN BANJAR. Jurnal Edukasi AUD, Vol. 2 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i3.6997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats