MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA (EKSPRESIF) MELALUI METODE BERCERITA, MEDIA GAMBAR SERI, DAN MODEL TALKING STICK

welpa Adelia, Ike Hananik

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat perkembangan bahasa anak dalam kalimat sederhana untuk berinteraksi dengan orang lain. Penyebab masalah ini adalah anak tidak terlibat dalam komunikasi nyata, mereka kurang aktif dalam belajar dan kemampuan bahasa mereka belum optimal. Upaya yang dapat dilakukan menggunakan metode bercerita, media gambar seri dan talking stick. Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan kemampuan Bahasa (ekspresif). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 kali pertemuan, subjek penelitian adalah kelompok B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik dan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas anak serta capaian perkembangan bahasa ekspresif. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan guru mencapai kriteria “sangat baik”. Aktivitas anak mencapai kategori “sangat aktif”. Hasil perkembangan dengan kriteria “perkembangan sangat baik”.


Keywords


Bahasa ekspresif, metode bercerita, media gambar seri, talking stick.

Full Text:

PDF

References


Aji, M. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri. Teknodika, 17, 75.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 73.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Fatimah, Aslamiah, & Purwanti, R. (2021). Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas Dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle Dan Kegiatan Melipat Pada Kelompok A Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. JIKAD, 1(2).

Kemendikbud. (2017). Direktorat Pembinaan SMA. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin:Aswaja Presindo.

Permatasari, N., Erlinda, C., Sulistiyana, & Rachmawayanie, R. (2018). Keefektifan Model Konseling Trait And Factor Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 5 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Fitrah, 1(1), 25–36.

Purwanti, R, Suriansyah, A., Aslamiah, & Dalle. (2018). Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah Banjarb. European Journal of Education Studies, 5, 7.

Purwanti, Ratna, & Suhaimi, S. (2020). Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 124–134. https://doi.org/10.21831/jppm.v7i2.30204

Putri, O. M., & Novitawati. (2017). Mengembangkan Kemampuan Anak Usia Dini Dalam Memahami Perilaku Mulia ( Jujur , Penolong ) Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita , Metode Tanya Jawab Dan Model Examples Non Examples. J-PPras: Jurnal Program Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar, 1(1), 29–34.

Rahman, T. (2018). Aplikasi pembelajaran dalam model-model tindakan kelas. CP.

Sugiyati, Arif, & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan, 2(1).

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Usia Dini. Comdes.

Susanti, M. (2018). Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wulandari, D. (2017). Upaya Mengembangkan kemampuan bahasa anak memahami cerita yang dibacakan melalui model talking stick dan metode bercerita dikelompok A Tk maju bersama desa marungut




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats