MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN BAHASA ANAK MELALUI STORYTELLING DAN DEMONSTRASI DENGAN BIG BOOK

Wina Sal Sabila, Mohammad Dani Wahyudi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya pengembangan bahasa anak dalam mengungkapkan bahasa saat mendengarkan cerita Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak melalui metode storytelling dan demonstrasi dengan media big book. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dalam 3 siklus yang dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 23 Banjarmasin yang berjumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode storytelling dan demonstrasi dengan media big book dapat meningkatkan aktivitas guru pada siklus I memperoleh kategori (BB), siklus II memperoleh (B) dan siklus III memperoleh (SB). Aktivitas anak pada siklus I memperoleh (CA), siklus II memperoleh (SA) dan siklus III memperoleh (SA). Hasil perkembangan anak pada siklus I memperoleh persentase 60%, siklus II memperoleh persentase 90% dan siklus III memperoleh persentase 100%. Disarankan bagi guru dapat dijadikan salah satu media pembelajaran, bagi kepala sekolah dapat dijadikan solusi menerapkan metode dan media pembelajaran untuk mengembangkan kualitas dan bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi untuk melaksanakan penelitian dalam mengungkapkan bahasa.


Keywords


Mengungkapkan Bahasa, Metode Storytelling, Metode Demontrasi, Media Big Book.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Apriliani, I. M., Purba, N. P., Dewanti, L. P., Herawati, H., & Faizal, I. (2021). Open access Open access. Citizen-Based Marine Debris Collection Training: Study Case in Pangandaran, 2(1), 56–61.

ARTI, S. P. N. (2018). Aplikasi Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Di Paud Bunda Ratu Teluk Betung ….

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … فاطمی, ح. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Syria Studies, 7(1), 37–72.

Darmastuti, T. (2012). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik – Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok a Di Tk Khadijah 2 Surabaya. 1(1), 7.

DIKRIANSYAH, F. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tarbiyatus Sholihin Dadapan Sumberejo Tanggamus. Biomass Chem Eng, 3(2), ثقثقثقثق.

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108–114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Julianti, E., Natosba, J., Dewi, N. R., & Pangkalpinang, A. (2018). Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Kelurahan Indralaya Raya. Jurnal Keperawatan Pangkalpinang, 1(1), 54–59.

Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(02). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70

Kholilullah, Hamdan, H. (2020). www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e. 10(Juni).

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Latifah, A. (2019). Pembuatan Dan Penggunaan Media Big Book Untuk Membentuk Anak Usia Dini Senang Membaca. Bunayya, VI(2), 141–155.

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, I. N. (2014). Media Konkret Melalui Kegiatan Kolase Untuk. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Nurdin, H. S. (2016). Guru Profesional Dan Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Education Studies, 1(1), 1–12.

Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, G. (2013). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. J. Leukoc. Biol, 96(1), 365–375.

Pendidikan, J., Athfal, G. R., Huliyah, M., Huliyah, M., Pgra, D., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Sultan, I., & Hasanuddin Banten, M. (2016). aṣ-ṣibyan HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. 1(1), 60–71.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.1




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats