Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Dan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Model Cooperative Learning
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan kognitif anak dalam berhitung permulaan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Untuk mengatasinya peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative learning dengan Media Permainan Ikan di Aquarium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian hasil pengembangan kemampuan kognitif anak khususnya dalam berhitung permulaan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 pertemuan. Analisis data terdiri dari aktivitas guru mencapai presentase 82% dengan kriteria “Baik” aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai presentase 67% dengan kriteria “Aktif” dan hasil pengembangan aspek kognitif anak 66% dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan”. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 2 mencapai 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil aktivitas anak pertemuan 2 mencapai 83% dengan kategori “Sebagian Besar Aktif”. Dan pada pertemuan 2 hasil perkembangan kognitif mencapai 83% dengan kategori “Sebagian Besar Aktif”. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa guru berhasil melaksanakan menerapkan model Cooperative learning dengan media Permainan Ikan di Aquarium dalam mengembangkan aspek kognitif anak. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternative untuk penelitian selanjutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Sinar Grafika Offset.
Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Limbah Kardus Untuk Mengembangkan Konsep Matematikan Permulaan Anak Usia 5-6 tahun (Studi Eksperimen Di TK Taman Indria Semarang). Early Childhood Education Papers (Belia), 3(1).
Irawati, R. M. (2011). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak - Kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. Pesona Paud, 1(1). https://media.neliti.com/media/publications/157219-ID-peningkatan-kemampuan-berhitung-anak-mel.pdf
Kurnia, I. (2007). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Mariyani. (2010). Meletakkan Dasar-Dasar Pengalaman Konsep Matematika Melalui Permainan Praktis di Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Penabur, 1–11.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.
Rusman. (2011). Seri Manajemen Sekolah Bermutu : Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesianalisme Guru. Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media Group.
Sujiono, N., & Yuliani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Suriansyah, A. (2011). Strategi Pembelajaran. Comdes.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Renada Media Group.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Prenamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i2.9130
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats