UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING KELOMPOK A TK

Zifhana Rehny, Nina Permata Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas anak dan kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin, jumlah anak sebanyak  14 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak dan capaian perkembangan anak.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan II mencapai kriteria sangat aktif. Aktivitas anak pada  pertemuan II mencapai kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangan kognitif anak pada pertemuan II dengan skor 86% termasuk kategori berkembang sesuai harapan.


Keywords


Perkembangan Kognitif, Pembelajaran Sains, Proses Terjadinya Pelangi, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ani Setiani, & Priansa Donni. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran (1st ed.).

Arikunto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Ayukanti. (2017). BAB II LANDASAN TEORI A. Model Pembelajaran Project Based Learning.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Fauzatun Nisa, N., & Rachman, A. (2022). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menggunakan Model Pokemon Pada Kelompok B TK Cahaya Abadi Hulu Sungai Tengah. 2(2), 41–49.

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains dan Pembelajarannya pada Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 1, Issue 3).

Kristen Satya Wacana, U., Tengah, J., Kunci, K., & Kritis, B. (2020). Eka Titik Pratiwi1, Eunice Widyanti Setyaningtyas2 (Vol. 4, Issue 2).

Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.

Noorlaila. (2015). Upaya Pengembangan Aspek Kognitif Dalam Aktivitas Yang Bersifat Eksploratif dan Menyelidik (Mencampur Warna) Menggunakan Model Example Non Example) di Kelompok B TK TUNAS MUDA KEC. SIMPANG EMPAT KAB. BANJAR. 1(1), 68.

Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Anak Usia Dini. JURNAL Anak, 5.

SUJIONO, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100.

Suriansyah, A., & Aslamiah, D. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.

Widya Sari, W., Nuryadin, S., & Nurani Sujiono, Y. (2014). Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan Proyek.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i2.9132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats