Pengembangan Modul Permainan Monopoli dengan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Daya Ingat Belajar pada Siswa di SMP Negeri 27 Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuaan untuk menghasilkan sebuah modul permainan monopoli yang bermanfaat untuk dijadikan panduan dalam pelaksanaan peningkatkan daya ingat belajar pada siswa di SMP Negeri 27 Kota Banjarmasin, sehingga permainan lebih terarah dan mendapatkan hasil yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian pengembangan (R & D). Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F di SMP Negeri 27 Banjarmasin yang brerjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puurposive saampling. Kelas dipilih berdasarkan pertimbangan dan saran dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Adapun tahapan penelitian meliputi tahap pengumpulan informasi, tahap perencanan, tahap pengembangan prooduk, dan tahap uji coba. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti, terbukti efektif dan dapat dikembangkan dalam meningkatkan daya ingat belajar pada siswa di SMP Negeri 27 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Russman. (2010). Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Saanjaya, Wina (2013). Penelitian Pendidikan. Jaakarta: Prenada media Group
Sprenger, Marilee. (2011). Cara Mengajar Agar Siswa Tetap Ingat. Jakarta: Erlangga.
Sugiono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Bimbingan dan Konseling Edisi Revisi. Banjarmasin: Tidak Diterbitkan
Trinovitasari, Ajeng. (2015). Penggunaan Peermainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Skipsi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.2.2167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia