PENGARUH KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP PERTUMBUHAN PENGUNJUNG EKOWISATA TAHURA SULTAN ADAM MANDIANGIN KALIMANTAN SELATAN

Hairul Fauzan, Fonny Rianawati, Muhammad Helmi

Abstract


This research aims to test and analyze the effect of visitors satisfaction with variable of service quality (X1), entrance fees (X2) and facilities (X3) on the visitors growth (Y) ecotourism Tahura Sultan Adam Mandiangin. Primary data is obtained through online interviews of tourists conducted over several months until it reaches the target number of respondents. To see how the effect visitors satisfaction on the visitors growth, using multiple linear regression analysis with IBM SPSS Statistics 25. The results of this study showed that variable services quality (X1) with an average value of 3.69, which means that the average visitors is satisfied but does not affect visitors growth (Y), entrance feesĀ­ (X2) with an average value of 3.74, which means that the average visitors is satisfied but does not affect visitors growth (Y) and facilities (X3) with an average value of 4.10, which means that the average visitors is satisfied but does not affect visitors growth (Y), so that it is indicates there are other variables and indicators affect visitors growth. This other variables and indicators can be internal factors such as geographical or uniqueness of ecotourism Tahura Sultan Adam Mandiangin South Kalimantan and external factors such as the perception of tourists in choosing tour they want to visit.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan pengunjung dengan variabel kualitas pelayanan, biaya/harga dan fasilitas terhadap pertumbuhan pengunjung ekowisata Tahura Sultan Adam Mandiangin. Pengumpulan data primer diperoleh melalui wawancara secara online terhadap wisatawan yang dilakukan selama beberapa bulan sampai mencapai target jumlah responden. Untuk melihat adanya pengaruh kepuasan pengunjung terhadap pertumbuhan pengunjung digunakan analisis regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel kualitas pelayanan (X1) dengan nilai rata-rata 3,69 yang artinya rata-rata pengunjung merasa puas tetapi tidak mempengaruhi pertumbuhan pengunjung (Y), biaya/harga (X2) dengan nilai rata-rata 3,74 yang artinya rata-rata pengunjung merasa puas tetapi tidak mempengaruhi pertumbuhan pengunjung (Y) dan fasilitas (X3) dengan nilai rata-rata 4,10 yang artinya rata-rata pengunjung merasa puas tetapi tidak mempengaruhi pertumbuhan pengunjung (Y), sehingga diindikasikan ada variabel dan indikator lain yang mempengaruhi pertumbuhan pengunjung. Variabel dan indikator lain tersebut bisa dari faktor internal seperti geografis atau keunikan dari Tahura Sultan Adam Mandiangin dan faktor eksternal seperti persepsi wisatawan dalam memilih wisata yang ingin mereka kunjungi.


Keywords


Ekowisata; Kepuasan pengunjung; Pertumbuhan pengunjung

Full Text:

PDF

References


Evans & Berman, M. 1990. Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya

Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriantoro, N. dan B. Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kashira, V. 2014. Hubungan antara Motivasi Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan di Balai Perbenihan Tanaman Hutan Jawa Madura. Skripsi. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Pertanian Bogor.

Keputusan Presiden (Keppres) No. 52. 1989. Pada tanggal 18 Oktober 1989. Statistik Dishut Kalsel.

Likert, R 1932. A Technique for the Measurement of Attitudes. Archives of Pshychology

Siregar, S. 2011. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soendjoto, M.A., Suyanto, Nuryadin, M.R. 2009. Nilai Ekonomi Taman Hutan Raya Sultan Adam, Kalimantan Selatan dari Air Domestik, Wisata Alam, dan Transportasi Air. Prosiding Seminar Nasional dan Pameran Hasil-Hasil Penelitian, Universitas Mataraman.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. 2005. Strategi Pemasaran I Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Walpole, R.E. 1995. Pengantar Statistika edisi ke-3, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.20527/jss.v5i3.5707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Jurnal Sylva Scienteae is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.