Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (JPKMI) adalah jurnal ilmiah yang diulas sejawat, menerbitkan makalah asli, ulasan dan laporan singkat tentang semua aspek ilmu pengetahuan, filsafat, dan praktik kesehatan masyarakat. Khususnya yang terkait dengan:

  1. Kesehatan Lingkungan
  2. Kesehatan dan keselamatan kerja
  3. Epidemiologi
  4. Biostatistika dan Kependudukan
  5. Gizi masyarakat
  6. Administrasi Kebijakan Kesehatan
  7. Perilaku dan Promosi kesehatan.
  8. Kesehatan Ibu dan Anak Reproduksi

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Publication Frequency

Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (JPKMI) menerbitkan 3 (Tiga) nomor setiap tahun, yaitu di bulan April, Agustus dan Desember

Pertama kali terbit adalah Vol. 1 No. 1 Desember 2014. Versi online yang tersedia dari Vol. 1 No. 1 Desember 2014

 

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Archiving


Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip jurnal permanen untuk tujuan pelestarian dan restorasi.

 

Etika Publikasi

Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (JPKMI) menggunakan pedoman yang dikeluarkan oleh Komite Etika Publikasi (Komisi Etika Publikasi / COPE). JPKMI mewajibkan semua artikel yang melibatkan subyek manusia untuk menghormati prinsip-prinsip etika penelitian sebagaimana tercantum dalam Deklarasi Helsinki. Adapun penelitian yang melibatkan hewan sebagai subyek juga wajib mematuhi Prinsip Internasional untuk Penelitian Biomedis yang dikeluarkan oleh International Council of Organizations of Medical Sciences (CIOMS). Publikasi etis harus jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian. JPKMI COPE menyesuaikan untuk memenuhi standar etika baik untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas.

Berikut adalah standar etika untuk editor, penulis, dan pengulas.

Editor

1. Editor harus bertanggung jawab untuk setiap artikel yang dipublikasikan di JPKMI.

2. Editor harus membantu penulis untuk mengikuti Pedoman untuk penulis.

3. Editor dapat berkomunikasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan akhir.

4. Seorang editor harus mengevaluasi naskah secara obyektif untuk publikasi, menilai masing-masing pada kualitasnya tanpa melihat kebangsaan, etnis, keyakinan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi institusional          penulis. Editor harus menolak tugas ketika ada potensi konflik kepentingan.

5. Editor perlu memastikan dokumen yang dikirim ke pengulas tidak berisi informasi dari penulis, dan sebaliknya.

6. Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis yang disertai dengan komentar pengulas kecuali berisi komentar yang bersifat ofensif atau mencemarkan nama baik.

7. Editor harus menghormati permintaan dari penulis bahwa seseorang tidak harus meninjau pengajuan jika ini masuk akal dan praktis.

8. Editor dan semua staf harus menjamin kerahasiaan manuskrip yang diserahkan.

9. Editor akan dipandu oleh flowchart COPE jika ada kecurigaan salah atau penulis yang disengketakan


Reviewer

1. Reviewer mengomentari tentang kemungkinan kesalahan dalam penelitian etis dan publikasi.

2. Reviewer harus melakukan pekerjaan tepat waktu dan memberitahu Editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.

3. Reviewer harus menjaga kerahasiaan naskah.

4.Reviewer tidak boleh menerima dan meninjau naskah jika ada potensi konflik kepentingan antara mereka dan penulis.

 

Penulis

1. Penulis memastikan bahwa materi yang akan diterbitkan belum dipublikasikan dan dikirim ke tempat lain secara bersamaan.

2. Penulis harus memastikan keaslian penelitian mereka dan mereka telah mengutip pendapat orang lain dengan benar sesuai dengan format referensi.

3. Penulis tidak terlibat dalam plagiarisme.

4. Penulis harus mengikuti kriteria yang dijelaskan dalam penulisan panduan kepada penulis JPKMI.

5. Penulis tidak disarankan untuk mempublikasikan informasi pribadi yang dapat membuat identitas yang dapat dikenali oleh pasien dalam bentuk bagian deskripsi, foto atau silsilah. Ketika foto pasien sangat penting dan sangat                    diperlukan sebagai informasi ilmiah, penulis telah menerima persetujuan dalam bentuk tertulis dan telah dengan jelas menyatakannya.....

6. Dalam kasus eksperimen pada manusia, para penulis menyatakan bahwa penelitian ini sesuai dengan standar etika deklarasi Helsinki, yang memimpin eksperimen manusia. Jika ada keraguan yang diajukan apakah penelitian                      berlangsung sesuai dengan deklarasi, penulis harus menjelaskannya. Dalam kasus percobaan pada hewan, penulis telah menyatakan bahwa penulis telah mengikuti pedoman dan luar negeri terkait dengan percobaan hewan di                  laboratorium.

7. Penulis harus menyerahkan data dan detail kepada editor, jika dugaan pemalsuan atau fabrikasi data.

8. Para penulis harus menjelaskan segala sesuatu yang dapat menimbulkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultasi, dan kekayaan intelektual pada pedoman untuk penulis JPKMI.

 

Surat pernyataan Etika Penulis

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          :

Judul Artikel                :

No. HP                        :

Alamat Email              :

Alamat Kantor            :

 Menyatakan bahwa    :

  1. Penulis bertanggung jawab atas publikasi artikel terlampir.
  2. Penulis telah menyetujui artikel untuk diterbitkan sesuai format Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (JPKMI)
  3. Artikel belum pernah dipublikasikan di jurnal/media lain, dan selama dalam proses di Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (JPKMI) tidak akan saya cabut/dialihkan ke jurnal/media lain.
  4. Artikel telah diserahkan atas sepengetahuan dan ijin dari instansi/lembaga yang berangkutan.
  5. Bukan merupakan hasil plagiat dan tidak mengandung unsur plagiat.

 Demikian surat pernyataan inin akan saya pertanggung jawabkan dan digunakan sebagaimana mestinya.

 

....[tempat]..... , ….[tanggal].....

Penulis  1/2/3/4/...

 

[materai Rp. 6000]

(.....Nama......)

 

Klik disini untuk download form ini.

 

Proses Peer Review

Penelaah maupun penulisnya adalah anonim.

  • Anonimitas penulis mencegah bias penelaah, misalnya berdasarkan negara asal penulis atau karya kontroversial sebelumnya. 
  • Artikel yang ditulis oleh penulis bergengsi atau terkenal dianggap berdasarkan isi makalah mereka, bukan dari reputasi mereka.
  • Penelaah sering dapat mengidentifikasi penulis melalui gaya penulisan mereka, pokok bahasan atau sitasi diri.

Untuk jurnal yang menggunakan double blind peer review, identitas dari penelaah dan penulis disembunyikan satu sama lain sepanjang ulasan.  Untuk memfasilitasi ini, penulis harus memastikan bahwa naskah mereka disiapkan sedemikian rupa sehingga mereka tidak mengungkapkan identitas mereka kepada pengulas, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Karenanya pastikan bahwa item-item berikut ada dalam kiriman Anda dan disediakan sebagai file terpisah:

1. Halaman judul

Halaman judul akan tetap terpisah dari naskah selama proses tinjauan sejawat dan tidak akan dikirim ke penelaah. Ini harus mencakup:
  • Judul manuskrip
  • Semua nama penulis dan afiliasinya
  • Alamat lengkap penulis yang bersangkutan, termasuk alamat e-mail
  • Ucapan terimakasih
  • Pernyataan konflik kepentingan

2. Naskah yang dianonimkan

Harap hapus informasi pengenal, seperti nama penulis atau afiliasi dari naskah Anda sebelum diserahkan.

Selain menghapus nama dan afiliasi di bawah judul dalam naskah, langkah-langkah lain perlu diambil untuk memastikan naskah disiapkan dengan benar untuk double blind peer review. Poin-poin penting untuk dipertimbangkan adalah:

  • Pastikan angka dan tabel tidak mengandung referensi ke afiliasi penulis. 
  • Tidak termasuk ucapan terima kasih dan referensi ke sumber pendanaan. Gunakan halaman judul, yang tidak dikirim ke pengulas, untuk merinci ini dan untuk menyatakan potensi konflik kepentingan kepada Editor.

 

 

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Biaya Penyerahan Naskah: 0,00 (IDR)

Biaya Penerbitan Artikel: 500000,00 (IDR)
Setelah naskah diterima, penulis yang bersangkutan akan dihubungi untuk melakukan pembayaran atas biaya penangaan naskah. Mohon dicatat bahwa pada sistem manajemen manuskrip, opsi pembayaran hanya diaktifkan untuk manuskrip yang telah diterima untuk publikasi.

 

BNI SYARIAH CABANG BANJARBARU

No. Rek. 0427455079

a/n. Fauzie Rahman

Berita: Biaya Berlangganan JPKMI

 

Visi, Misi dan Tujuan Jurnal

Tujuan

Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat (JPKMI) bertujuan untuk menyebarluaskan temuan-temuan penelitian dalam bidang yang diterbitkan oleh Program Studi  Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Visi

Mewujudkan Masyarakat yang memiliki Wawasan Berpikir dan Pengetahuan tentang Kesehatan Masyarakat

 

Misi

Menjadikan Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat (JPKMI)  sebagai Pusat Informasi dan kajian ilmu pengetahuan bagi semua masyarakat sekitar.

 

Waktu Penerbitan

Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia (JPKMI) menerbitkan 3 (Tiga) nomor setiap tahun, yaitu di bulan April, Agustus dan Desember

Pertama kali terbit adalah Vol. 1 No. 1 Desember 2014. Versi online yang tersedia dari Vol. 1 No. 1 Desember 2014

 

Ruang Lingkup

Jurnal ini memuat intisari dari hasil-hasil penelitian tentang permasalahan seputar bidang aspek ilmu pengetahuan, filsafat, dan praktik kesehatan masyarakat. Khususnya yang terkait dengan:

  1. Kesehatan Lingkungan
  2. Kesehatan dan keselamatan kerja
  3. Epidemiologi
  4. Biostatistika dan Kependudukan
  5. Gizi masyarakat
  6. Administrasi Kebijakan Kesehatan
  7. Perilaku dan Promosi kesehatan.
  8. Kesehatan Ibu dan Anak Reproduksi

 

Screening for Plagiarism


Untuk memeriksa kemungkinan plagiarisme, Tim Editor menggunakan aplikasi Turnitin.

  • Jurnal yang sudah di terima tim editor di periksa plagiarisme menggunakan aplikasi Turnitin.
  • jurnal yang plagiarisme di atas 25% di kembalikan ke penulis untuk di revisi kembali
  • jurnal yang sudah di revisi sampai batas plagiarisme nya di bawah 25% akan mendapatkan sertifikat uji plagiarisme dari Tim Pengelola JPKMI