HUBUNGAN USIA, TINGKAT PENDIDIKAN, FASILITAS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MUARA LAUNG
Abstract
ABSTRAK
Angka kontak di Puskesmas Muara Laung adalah sebesar 17,35% atau terendah dari empat Puskesmas di Kabupaten Murung Raya yang menerapkan sistem Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas dengan kepuasan pasien. Rancangan penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara usia dengan kepuasan (nilai p = 0,030; OR = 2,674), terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan pasien (nilai p = 0,0001; OR = 9,211), serta ada hubungan antara fasilitas dengan kepuasan pasien (nilai p = 0,0001; OR = 14,885). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara usia, tingkat pendidikan, fasilitas dengan kepuasan pasien di Puskesmas Muara Laung.
Kata-kata kunci: Usia, tingkat pendidikan, fasilitas, kepuasan
ABSTRACT
The contact rate at the Muara Laung Health Center is 17.35% or the lowest of the four Public Health Centers in the Regency of Murung Raya that applies the Commitment-Based Capitation system. The purpose of this study was to determine the relationship of age, education level, facilities with patient satisfaction. Analytic observational research design, with cross sectional approach. Community research subjects who have received health services with a sample of 100 people. The sampling technique uses purposive sampling. Data analysis was performed using chi-square with a degree of confidence of 95%. The results showed that there was a significant relationship between age and satisfaction (p = 0.030; OR = 2.674), there was a relationship between education level and patient satisfaction (p = 0.0001; OR = 9.211), and there was a relationship between facilities with patient satisfaction (p = 0.0001; OR = 14.885). Based on this it can be concluded that there is a relationship between age, level of education, facilities and patient satisfaction at the Muara Laung Health Center.
Keywords: Age, education level, facilities, satisfaction
Keywords
References
DAFTAR PUSTAKA
Efendi, F. Keperawatan kesehatan komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 2009
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan, 2004.
Solikhah. Hubungan kepuasan pasien dengan minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan pengobatan. Jurnal manajemen pelayanan kesehatan, 2008; 04 (11): 192-199.
Simamora, dan Bilson. Membongkar kotak hitam konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003
Azwar, A. Program menjaga mutu pelayanan kesehatan. Yayasan Penerbit IDI, Jakarta, 2000.
Riyanto A. Aplikasi metodologi penelitian kesehatan cetakan kedua. Bandung: Nuha Medika, 2011.
Gunarsa, Singgih. Psikologi perawatan. Jakarta: Gunung Mulia, 2008.
Abdillah AD, dan Muhammad R. Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan
pasien rawat jalan di Puskesmas Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani, 2014.
Hutabarat, dan Monica. Gambaran kepuasan pasien pengguna kartu Jakarta sehat di Uniat rawat Jalan RSU UK1 Tahun 2013. Tesis. FKM-UI, 2013.
Cloud GL. Key patients characteristic influencing customer stratisfiction in Community Health Centers. Dissertasion Philosophy of Arizona State University, 2003.
Hayuningsih S, dan Winnie TM. Hubungan antara karakteristik pasien terhadap kepuasan pasien (aspek tangibles) pada pelayanan antenatal care Di Rumah Bersalin Citra Lestari Pabuaran Bojonggede Bogor Jawa Barat. Berita Kedokteran Masyarakat 2018; 34 (05).
Sukarni S. Hubungan karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Unit Rawat Inap Puskesmas Perawatan Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Universitas Diponegoro, Semarang, 2004.
Budiman, S dan Herlina N. Hubungan status demografi dengan kepuasan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2000. Jurnal Kesehatan Kartina 2010; 2 (7).
Jacobalis, S. Kumpulan tulisan terpilih tentang rumah sakit indonesia dalam dinamika sejarah, transformasi, globalisasi dan krisis nasional. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI, 2000.
Faigah A. Badjamal. Pengaruh kompotensi dan fasilitas terhadap kepuasaan pasien rawat inap kelas 3 pada RSUD PALU. e-Jurnal Katalogis, 2014; 2 (7): 200- 210.
Basri. Metode analisa kualitas pelayanan. Jakarta, 2016
Ridwan, A. Pendekatan mutu dan kepuasan dalam pelayanan kesehatan. Medan, 2007
Kotler, P. Manajemen pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005
Article Statistic
Abstract view : 129 timesPDF views : 92 times
Dimensions Metrics
Article History
Submited : 19 November 2019Published : 20 November 2023
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.