HUBUNGAN USIA, TINGKAT PENDIDIKAN, FASILITAS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MUARA LAUNG

Syamsul Arifin(1*),Abdur Rahman(2),Ruslan Muhyi(3),Andini Octaviana Putri(4),Hadianor Hadianor(5)
(1) Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Jl. A. Yani Km. 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
(2) Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Jl. A. Yani Km. 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
(3) Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Jl. A. Yani Km. 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
(4) Departemen Kesehatan Ibu & Anak dan Kesehatan Reproduksi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, Jl. A. Yani Km. 36 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia
(5) Puskesmas Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara Jl. Basuki Rahmat Desa Babirik Hilir RT
(*) Corresponding Author
DOI : 10.20527/jpkmi.v6i2.7343

Abstract

ABSTRAK

 

Angka kontak di Puskesmas Muara Laung adalah sebesar 17,35% atau terendah dari empat Puskesmas di Kabupaten Murung Raya yang menerapkan sistem Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas dengan kepuasan pasien. Rancangan penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian masyarakat yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara usia dengan kepuasan (nilai p = 0,030; OR = 2,674), terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepuasan pasien (nilai p = 0,0001; OR = 9,211), serta ada hubungan antara fasilitas dengan kepuasan pasien (nilai p = 0,0001; OR = 14,885). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara usia, tingkat pendidikan, fasilitas dengan kepuasan pasien di Puskesmas Muara Laung.

 

Kata-kata kunci: Usia, tingkat pendidikan, fasilitas, kepuasan

 

 

ABSTRACT

 

The contact rate at the Muara Laung Health Center is 17.35% or the lowest of the four Public Health Centers in the Regency of Murung Raya that applies the Commitment-Based Capitation system. The purpose of this study was to determine the relationship of age, education level, facilities with patient satisfaction. Analytic observational research design, with cross sectional approach. Community research subjects who have received health services with a sample of 100 people. The sampling technique uses purposive sampling. Data analysis was performed using chi-square with a degree of confidence of 95%. The results showed that there was a significant relationship between age and satisfaction (p = 0.030; OR = 2.674), there was a relationship between education level and patient satisfaction (p = 0.0001; OR = 9.211), and there was a relationship between facilities with patient satisfaction (p = 0.0001; OR = 14.885). Based on this it can be concluded that there is a relationship between age, level of education, facilities and patient satisfaction at the Muara Laung Health Center.

 

Keywords: Age, education level, facilities, satisfaction

Keywords


Usia, tingkat pendidikan, fasilitas, kepuasan

References


DAFTAR PUSTAKA

Efendi, F. Keperawatan kesehatan komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 2009

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan, 2004.

Solikhah. Hubungan kepuasan pasien dengan minat pasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan pengobatan. Jurnal manajemen pelayanan kesehatan, 2008; 04 (11): 192-199.

Simamora, dan Bilson. Membongkar kotak hitam konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003

Azwar, A. Program menjaga mutu pelayanan kesehatan. Yayasan Penerbit IDI, Jakarta, 2000.

Riyanto A. Aplikasi metodologi penelitian kesehatan cetakan kedua. Bandung: Nuha Medika, 2011.

Gunarsa, Singgih. Psikologi perawatan. Jakarta: Gunung Mulia, 2008.

Abdillah AD, dan Muhammad R. Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan

pasien rawat jalan di Puskesmas Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani, 2014.

Hutabarat, dan Monica. Gambaran kepuasan pasien pengguna kartu Jakarta sehat di Uniat rawat Jalan RSU UK1 Tahun 2013. Tesis. FKM-UI, 2013.

Cloud GL. Key patients characteristic influencing customer stratisfiction in Community Health Centers. Dissertasion Philosophy of Arizona State University, 2003.

Hayuningsih S, dan Winnie TM. Hubungan antara karakteristik pasien terhadap kepuasan pasien (aspek tangibles) pada pelayanan antenatal care Di Rumah Bersalin Citra Lestari Pabuaran Bojonggede Bogor Jawa Barat. Berita Kedokteran Masyarakat 2018; 34 (05).

Sukarni S. Hubungan karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Unit Rawat Inap Puskesmas Perawatan Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Universitas Diponegoro, Semarang, 2004.

Budiman, S dan Herlina N. Hubungan status demografi dengan kepuasan masyarakat tentang pelayanan Jamkesmas di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2000. Jurnal Kesehatan Kartina 2010; 2 (7).

Jacobalis, S. Kumpulan tulisan terpilih tentang rumah sakit indonesia dalam dinamika sejarah, transformasi, globalisasi dan krisis nasional. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI, 2000.

Faigah A. Badjamal. Pengaruh kompotensi dan fasilitas terhadap kepuasaan pasien rawat inap kelas 3 pada RSUD PALU. e-Jurnal Katalogis, 2014; 2 (7): 200- 210.

Basri. Metode analisa kualitas pelayanan. Jakarta, 2016

Ridwan, A. Pendekatan mutu dan kepuasan dalam pelayanan kesehatan. Medan, 2007

Kotler, P. Manajemen pemasaran jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2005


Article Statistic

Abstract view : 129 times
PDF views : 92 times

Dimensions Metrics

Article History

Submited : 19 November 2019
Published : 20 November 2023

The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.