TEACHER READINESS IN IMPLEMENTING THE MERDEKA CURRICULUM: A STUDY ON BANJARMASIN PGRI HIGH SCHOOL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Putri, V. F. H., Asbari, M., & Khanza, S. A. K. (2023). Revolusi Pendidikan: Kurikulum Merdeka Solusi Problematika Belajar? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), Article 6. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.613
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114
Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16–25. https://doi.org/10.37411/jjem.v4i1.2122
Abbas, E. W., Jumriani, J., Handy, M. R. N., Syaharuddin, S., & Izmi, N. (2021). Actualization of Religious Values through Religious Tourism on the River as a Source of Social Studies Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1663–1669. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1013
Afifatun Nisak, dan Rita Yuliastuti. “Profil Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Palang.” Jurnal Riset Pembelajaran Matematika 4, no. 2 (2022): 61-66. https://doi.org/10.55719/jrpm.v4i2.527.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50
Jannah, R., Abbas, E. W., Jumriani, J., Handy, M. R. N., & Putra, M. A. H. (2022). Banua Anyar Culinary Tourism Area as a Tourism Attraction in Banjarmasin. The Innovation of Social Studies Journal, 3(2), 157–162. https://doi.org/10.20527/iis.v3i2.4943
Jumriani, J., Rahayu, R., Abbas, E. W., Mutiani, M., Handy, M. R. N., & Subiyakto, B. (2021). Kontribusi Mata Pelajaran IPS untuk Penguatan Sikap Sosial pada Anak Tunagrahita. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4651–4658. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1536
Kemendikbud (2019). “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar”. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran (2022) Kemendikbud RI No 56/M 2022
Rahayu, Restu. dkk. (2022) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.
Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1). https://doi.org/10.21009/JPD.012.08
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang “Sistem Pendidikan Nasional”.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang “Kompetensi Guru dan Dosen”.
Permendiknas No. 16 Tahun 2007 Tentang “Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru”
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/js.v13i2.18779
Article Metrics
Abstract view : 129 timesPDF - 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been indexed and abstracted by: