MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMAN 3 BARABAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
This study background come from condition of geography lesson at SMAN 3 Barabai especially, at XI IPS 3 class show students result lesson is not yet reach minimum achievement value that is decided by school namely 70. The research is used action research method. Purpose of this research namely: for knowing activity and students result study with using STAD lesson model can increase.This research is action class research that is done with 2 cycles. Data collecting technique that is used teacher learning implementation. Result of cycle I research states from 37 present students learning process activity 40,16%, unactive 59,84%. Cycle II from present students learning process activity 76,54%, unactive 23,46% while result study from cycle I average get 54,73 while value at cycle II average 87,30. So, after learning with STAD model happen increase of result study.
Keywords: Activity, Result Study, Geography, Students Team Achievement Division (STAD) Model.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Anonim. 2011. Pembelajaran Kooperativ. http://www.slideshare.net/arif08/pembelajaran-kooperatif-6726162
Ansori, Hidayah. 2008. Model-model Pembelajaran (makalah dalam pendidikan dan pelatihan profesi guru SMP-SMA-SMK) Banjarmasin
Arikunto. S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar mengajar.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ibrahim, R. & Syaodih S, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PusatPerbukuan Departemen Pendidikan & Kebudayaan dan Rineka Cipta.
Ibrahim, dkk. 2000. Pendidikan Berbasis Kebersamaan (Dikutip dari http://fkip.wisnuwardhana.ac.id)
Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001 Jakarta Balai Pustaka
Kauchak. 1998. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Sistem Hukum Nasional Di Kelas X SMAN 2 Pontianak (Dikutip dari http://www.digilib.unnes.ac.id. Posting 3 Mei 2014)
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Raja grafindo Persada
Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif
dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nabhani, Midehan. 2011. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model STAD pada Kelas XII IPS A SMAN 2 Amuntai Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Banjarmasin
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Roestiyah, N.K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slamento. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Soewarso. 1998. Perbandingan Penerapan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pencapaian Tujuan Kognitif pada Siswa (Dikutip dari http://www.digilib.unnes.ac.id. Posting 3 Mei 2014)
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugandi, 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press
Suhadi. 2010. Karakteristik dan Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif. Alifa Alternative Media
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset
Wahyu, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat
Wahyu. & Porda, Herry, dkk. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Solo: Smart Media
Wina Sanjaya, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v2i1.3211
Article Metrics
Abstract view : 325 timesPDF - 382 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been indexed and abstracted by: