MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMAN 3 BARABAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Isnawati Isnawati

Abstract


This study background come from condition of geography lesson at SMAN 3 Barabai especially, at XI IPS 3 class show students result lesson is not yet reach minimum achievement value that is decided by school namely 70. The research is used action research method. Purpose of this research namely: for knowing activity and students result study with using STAD lesson model can increase.This research is action class research that is done with 2 cycles. Data collecting technique that is used teacher learning implementation. Result of cycle I research states from 37 present students learning process activity 40,16%, unactive 59,84%. Cycle II from present students learning process activity 76,54%, unactive 23,46% while result study from cycle I average get 54,73 while value at cycle II average 87,30. So, after learning with STAD model happen increase of result study.

 Keywords: Activity, Result Study, Geography, Students Team Achievement Division (STAD) Model.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Anonim. 2011. Pembelajaran Kooperativ. http://www.slideshare.net/arif08/pembelajaran-kooperatif-6726162

Ansori, Hidayah. 2008. Model-model Pembelajaran (makalah dalam pendidikan dan pelatihan profesi guru SMP-SMA-SMK) Banjarmasin

Arikunto. S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar mengajar.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ibrahim, R. & Syaodih S, Nana. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PusatPerbukuan Departemen Pendidikan & Kebudayaan dan Rineka Cipta.

Ibrahim, dkk. 2000. Pendidikan Berbasis Kebersamaan (Dikutip dari http://fkip.wisnuwardhana.ac.id)

Kamus Besar Bahasa Indonesia 2001 Jakarta Balai Pustaka

Kauchak. 1998. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Materi Sistem Hukum Nasional Di Kelas X SMAN 2 Pontianak (Dikutip dari http://www.digilib.unnes.ac.id. Posting 3 Mei 2014)

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Raja grafindo Persada

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers

Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif

dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nabhani, Midehan. 2011. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model STAD pada Kelas XII IPS A SMAN 2 Amuntai Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Banjarmasin

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Roestiyah, N.K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slamento. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Soemanto, Wasty. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Soewarso. 1998. Perbandingan Penerapan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pencapaian Tujuan Kognitif pada Siswa (Dikutip dari http://www.digilib.unnes.ac.id. Posting 3 Mei 2014)

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugandi, 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press

Suhadi. 2010. Karakteristik dan Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif. Alifa Alternative Media

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset

Wahyu, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat

Wahyu. & Porda, Herry, dkk. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Solo: Smart Media

Wina Sanjaya, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v2i1.3211

Article Metrics

Abstract view : 325 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been indexed and abstracted by:

Scinapse | Academic search engine for paperpublons-logo | JIDMR