PEMBELAJARAN IPS DALAM MENANAMKAN DISIPLIN SISWA DI SMK NEGERI 1 SIMPANG EMPAT, KABUPATEN BANJAR
Abstract
This research uses a qualitative approach. This research is aimed to explore further the embedding of discipline values to the students in the teaching and learning of IPS in SMK Negeri 1 Simpang 4. The result of this research shows that the learning process of IPS which was done by the teacher did not match with lesson plan. The IPS teacher only used lecturing and question-answer methods without variation in learning model. The IPS teacher did not know about the dimension of value and attitude in the Social Studies. Nonetheless, some of the teaching and learning processes that the teacher conveyed were loaded with values implementation for the students through contextual approach (connecting the material with values in society). The teaching and learning processes conducted by the IPS teacher were not maximum enough in implementing the values of discipline to students. As the result, there were some of students who were not discipline yet.
Key word: Social Studies (IPS) teaching and learning, Students’ discipline
Penelitian ini menggunanakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini untuk menggali lebih dalam tentang penerapan nilai-nilai kedisiplinan terhadap siswa dalam Pembelajaran IPS di SMK Negeri 1 Simpang Empat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru sebagian tidak sesuai dengan RPP. Guru IPS hanya menggunakan metode ceramah dan tanyajawab dalam pembelajaran tanpa variasi model pembelajaran. Guru IPS juga tidak mengetahui tentang dimensi nilai dan sikap dalam IPS. Meskipun begitu sebagian pembelajaran yang telah guru sampaikan memuat penanaman nilai-nilai untuk siswa melalui pendekatan kontekstual (mengaitkan materi dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat). Pembelajaran yang dilakukan guru IPS masih belum maksimal dalam menanamkan nilai-nilai disiplin terhadap siswa, sehingga sebagian siswa masih belum disiplin.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Disiplin siswa
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari, et.al, 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta CV.
Hurlock, Elizabeth. B, 1999. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Lickona, T. 1987. Character development in the family. Dlm. Ryan, K. & McLean, G.F. Character development in schools and beyond: 253-273. New York: Praeger.
Maryani, Enok, 2011. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta
Sapriya, 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Soemantri, N., 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumaatmadja. Nursid, dkk. 1986. Buku Materi Pokok Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial, Modul 1-3. Jakarta: Karunika, Universitas Terbuka.
Undang Undang Sistem Pendidiknas No. 20 Tahun 2003
................, Hakikat IPS. [Online]. Tersedia: Http://ipotes.wordpress.com (diakses pada tanggal 28 desember 2012 pukul 19.30 Wita)
................, Pengertian Social studies dan IPS menurut para ahli. [Online]. Tersedia: http. ://www.wikipedia.com (diakses pada 28 desember 2012 pukul 19.15 Wita)
.................., Teori disiplin. [Online]. Tersedia: http://mbegedut.blogspot.com/2011/06/pengertian-disiplin-menurut-para-ahli.html (Diakses pada tanggal 26 Maret 2013, pukul 20.00 WITA)
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v5i1.3327
Article Metrics
Abstract view : 294 timesPDF - 3187 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been indexed and abstracted by: