MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN METODE SIMULASI GAME PADA SISWA KELAS VIII B DI SMPN 2 MANDASTANA KECAMATAN JEJANGKIT KABUPATEN BARITO KUALA
Abstract
Activities and student learning outcomes is low. This study aimed to describe the activity and student learning outcomes VIIIB class SMP Negeri 2 Mandastana on the subject of Pancasila as the State Ideology and can be enhanced through learning strategies Simulation method. This research method is qualitative analysis methods, emphasis on deepening the subject matter of the activities and results of student learning in Civics. So it can be identified and analyzed the problems that arise and then held reflection to look for alternative. Study began in June 2011 to October 2011, the number of samples of 26 people from VIIIB grade students. The results showed that: (1) learning activities Civics class students VIIIB SMP Negeri 2 Mandastana during use learning strategies Simulations increases, (2) the results of learning civics class students VIIIB Junior High School 2 Mandastana during use learning strategies Simulations increases, (3) the students' responses VIIIB class SMP Negeri 2 Mandastana to use learning strategies Simulations. Implementation showed that students enjoy learning civics by implementing learning strategies should suggest Simulasi.Peneliti Civics teachers use learning strategies Simulations for appropriate materials, and are expected to use more cooperative learning strategies more attractive so that students actively in learning civics.
Keywords: Learning outcomes, learning strategy game simulation, and civics education
Aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mandastana pada pokok bahasan Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran metode Simulasi.Metode penelitian ini adalah metode analisis kualitatif, menekankan pada pendalaman pokok permasalahan tentang aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Sehingga bisa diketahui dan dianalisa permasalahan yang muncul dan kemudian diadakan refleksi untuk mencari alternatif pemecahannya.Proses penelitian dimulai pada bulan Juni 2011 sampai Oktober 2011, jumlah sampel 26 orang dari siswa kelas VIIIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar PKn siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mandastana selama menggunakan strategi pembelajaran Simulasi meningkat,(2) hasil belajar PKn siswa kelas VIIIB SMP negeri 2 Mandastana selama menggunakan strategi pembelajaran Simulasi meningkat,(3) respon siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mandastana terhadap penggunaan strategi pembelajaran Simulasi. Pelaksanaan menunjukkan bahwa siswa senang belajar PKn dengan menerapkan strategi pembelajaran Simulasi.Peneliti menyarankan hendaknya guru mata pelajaran PKn menggunakan strategi pembelajaran Simulasi untuk materi-materi yang sesuai, serta diharapkan dapat menggunakan strategi pembelajaran kooperatif lainnya yang lebih menarik agar siswa aktif dalam pembelajaran PKn.
Kata Kunci:hasil belajar, Strategi Pembelajaran Game Simulasi dan PKn
Full Text:
PDFReferences
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo PersadaCipta.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Usman, Muh Uzer. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Penerbit Alfabeta.
Wahyu, et al. 2006. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Guntur Tri Cahyo, 2011. Permainan Simulasi. (www.imadiklus.com)
Hasanah, Nur, 2010. Model dan Simulasi. (http://niesaketty.blogspot.com/2010).
Priyono, Yuti, 2010. Metode Simulasi dalam pembelajaran. (http://infoptk.com).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v5i2.3339
Article Metrics
Abstract view : 374 timesPDF - 910 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been indexed and abstracted by: