LINGKUNGAN FISIK DI SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SMP NEGERI 3 JORONG KABUPATEN TANAH LAUT

Erma Ariani

Abstract


Abstract

Utilization of the environment as a learning resource in teaching and learning process Social Studies in school is very important, because the environment is very rich in information. This study aims to describe: (1) physical environmental conditions around SMP Negeri 3 Jorong Tanah Laut Regency; (2) utilization of the physical environment around the school as a learning resource Social Studies students of SMP Negeri 3 Jorong Tanah Laut District. The research method used is descriptive with qualitative approach. Source of data obtained from informants, images, photos, documents, field notes and writings. Data collection is done by direct observation, in-depth interviews, and documentation. To obtain data validity using data/source triangulation and method triagulation. Analytical techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that: (1) Around the junior high school 3 Jorong school there are various sources of learning that can be utilized for teaching and learning activities. Some places or physical environmental conditions around SMP Negeri 3 Jorong that can be extracted and used to be used as a source of learning Social Studies such as agricultural land/rice fields, oil palm plantation, rubber plantation, rejo village office, poskesdes. (2) The utilization of the physical environment around the school as a learning resource can be pursued by conducting learning activities outside the classroom by bringing students directly to the learning resource environment. Learning by utilizing the physical environment around the school as a source of learning also leads to changes in student outcomes, there is an increase in value after students learn directly to the source and observe objects to the field.

Keywords: Physical Environment, learning resources of Social Studies

 

Abstrak

Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar IPS di sekolah sangat penting, karena lingkungan sangat kaya informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kondisi lingkungan fisik di sekitar SMP Negeri 3 Jorong Kabupaten Tanah Laut; (2) pemanfaatan lingkungan fisik di sekitar sekolah sebagai sumber belajar IPS siswa SMP Negeri 3 Jorong Kabupaten Tanah Laut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, gambar, foto, dokumen, catatan lapangan serta tulisan-tulisan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Guna memperoleh validitas data menggunakan triangulasi data/sumber dan triagulasi metode. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Di sekitar sekolah SMP Negeri 3 Jorong terdapat berbagai macam sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar. Beberapa tempat atau kondisi lingkungan fisik di sekitar SMP Negeri 3 Jorong yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai sumber belajar IPS antara lain lahan pertanian/sawah, lahan perkebunan sawit, lahan perkebunan karet, kantor desa karang rejo, poskesdes. (2) Pemanfaatan lingkungan fisik di sekitar sekolah sebagai sumber belajar dapat ditempuh dengan cara melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan membawa peserta didik langsung ke lingkungan sumber belajar. Pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan fisik di sekitar sekolah sebagai sumber belajar juga membawa perubahan terhadap hasil yang dicapai siswa, ada peningkatan nilai setelah siswa belajar langsung ke sumbernya dan mengamati obyek ke lapangan.

Kata Kunci: Lingkungan fisik, dan sumber belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Al Muchtar. 2004. Pengembangan Berpikir dan Nilai DalamPendidikan IPS . Bandung : Gelar Pustaka Mandiri.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bintarini, K.N., et al. 2013. Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3).

Hendarwati, E. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Sdn I Sribit Delanggu Pada Pelajaran IPS. Jurnal PEDAGOGIA Vol. 2, No. 1, Hal 60.

Nachrawie, Mardhotillah. 2016. Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis pada Pascasarjana UNLAM Banjarmasin: tidak diterbitkan.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

------------- 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 Ayat 1, Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v7i1.5277

Article Metrics

Abstract view : 477 times
PDF - 428 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been indexed and abstracted by:

Scinapse | Academic search engine for paperpublons-logo | JIDMR