EVALUASI HASIL BELAJAR IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH SITI MARIAM KOTA BANJARMASIN

Huriyah Huriyah

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to determine how the implementation of the evaluation of social studies learning outcomes in Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin. This research uses qualitative descriptive method. In this research, data collection techniques are observation, interview, and documentation. In the results of the study, the implementation of the evaluation of social studies learning outcomes in Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin has run quite well, but there are shortcomings that need to be addressed. The qualitative description research of the evaluation of social studies learning outcomes conducted in Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam in grade IV, V, and VI of elementary school can improve the teacher’s ability in evaluation social studies learning outcome. 

Keywords: Evaluation, Learning Outcomes, Sosial Studies.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi hasil belajar IPS di Madrasyah Ibtidaiyah Siti Mariam Kota Banjarmasin. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian  ditemukan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam Banjarmasin telah berjalan dengan cukup baik, namun masih terdapat kekurangan yang perlu di benahi. Penelitian deskripsi kualitatif evaluasi hasil belajar IPS dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam pada kelas IV, V, dan VI SD dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan evaluasi hasil belajar IPS.

Kata Kunci: Evaluasi, Hasil Belajar, IPS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto, H. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri. 2014. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Hamdu. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar”. Jurnal Akademik, 12 (1), 10-19

Matondang. 2009. Evaluasi Hasil Belajar Validasi dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Widoyoko, Sugeng. E.P. 2008. “Pengembangan Model Evaluasi Kualitas dan Output Pembelajaran IPS di SMP”. Journal.uny, 11 (1), 48-57

Wijaya, Cece dan Rusyan Tabrani. 2010. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Roesdakarta

Yani, Ahmad. 2009. Pembelajaran IPS. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam


Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Socius indexed by 

 Collaboration with