KONTRIBUSI PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 AMUNTAI SELATAN

Junaidi Nata

Abstract


Abstract

The suitability of character education with subjects is closely related to the learning process. Achievements are always associated with the execution of an activity or activity. Learning achievement is inseparable from learning activities, because learning is a process, while learning achievement is the output of the learning process. The purpose of this research is to know the big picture contribution of character education and student's learning motivation to student achievement on IPS subject in SMP Negeri 1 Amuntai Selatan. Method of analysis descriptive analysis with quantitative approach assisted statistical calculation. The population of this study is all students of SMP Negeri 1 Amuntai Selatan academic year 2017/2018. The sample is 71 students. Instruments using questionnaires were analyzed by multiple regression. The results showed that is a contribution of character education and learning motivation to student achievement on social studies subjects in SMP Negeri 1 Amuntai Selatan jointly contributed.

Keywords: Character Education, Motivation, Learning Achievement

Abstrak

Kecocokan pendidikan karakter dengan subjek erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Prestasi selalu dikaitkan dengan pelaksanaan suatu aktivitas atau aktivitas. Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena belajar adalah suatu proses, sedangkan prestasi belajar merupakan keluaran dari proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi gambaran besar pendidikan karakter dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Amuntai Selatan. Metode analisis deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif membantu perhitungan statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Amuntai Selatan tahun ajaran 2017/2018. Sampelnya adalah 71 peserta didik. Instrumen menggunakan kuesioner dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pendidikan karakter dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Amuntai Selatan secara bersama-sama turut berkontribusi.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Buchari, Z. (2007). Manajemen dan Motivas. Jakarta: Balai Aksara.

Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. . Jakarta: Rineka Cipta.

Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. . Jakarta: Grasindo.

Nashar, H. (2004). Peranan Motivasi & Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.

Saleh, M. (2012). Membangun Karakter siswa Dengan Hati Nurani. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, W. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (1999). Psikologi Pendidikan: Suatu Pendidikan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, M. E. (2001). Etika dan Moral Dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i1.6438

Article Metrics

Abstract view : 1240 times
PDF - 944 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.