ANALISIS IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 KELUA LAILY MAHRITA

Laily Mahrita

Abstract


Abstract

The growing of character values has an important role to build the development of the learners potencyin order to behuman who are faithful and devoting to Almighty God, gracious, competitive, honorable, having good moral, polite and be able to interact to society. Through education given, learners is expected to be able toimprove independently, use and review knowledge, internalize and personalize the character values and be graciousso these can be implemented in their everyday behavior.This study aims to describe the planning of the main character values implementation in the IPS learning conducted by IPS teachers in SMP Negeri 3 Kelua, describe the executing of the main character values implementation in the IPS learning conducted by IPS teachers in SMP Negeri 3 Kelua, describe the assessment of the main character values implementationin the IPS learning conducted by IPS teachers in SMP Negeri 3 Kelua.This research method uses observation method, interview, and documentation bya qualitative research approach. The research is held in SMP Negeri 3 Kelua. The data analysis is by data reduction, display data and Verification.The results of this study and discussion illustrate, This research suggests that  the results of research can be used as additional repertoire of the application of character values about the analysis of character values implementation in IPS learning. For teachers, it can improve their creativity to design and revise the learning process plan by the implementation of character values according to school conditions and subject matter in order to make the  learners be able to improve independently, use and review knowledge, internalize and personalize the character values and be graciousso these can be implemented in their everyday behavior

Keywords: Analysis, Implementation, Character Value, IPS (Social Studies)

 

Abstrak

Penanaman nilai karakter memiliki peran penting untuk membentuk  berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Melalui pendidikan diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,  penilaian implementasi nilai karakter utama dalam pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru IPS di SMP Negeri 3 Kelua. Metode penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pendekatan penelitian kualitatif. Dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kelua. Analisis data dengan reduksi data, data display dan verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan ini, menggambarkan bahwa: Perencanaan implementasi pendidikan nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 3 Kelua dengan menyiapkan Silabus dan RPP terlebih dahulu, Pelaksanaan implementasi pendidikan nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 3 Kelua dengan cara tugas kelompok dengan presentase dan diskusi, Penilaian implementasi pendidikan nilai karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 3 Kelua dengan menyiapkan lebih dahulu lembaran penilaian untuk peserta didik. Penelitian ini menyarankan hasil penelitian bisa dijadikan sebagai tambahan khasanah penerapan nilai karakter tentang analisis implementasi nilai karakter dalam pembelajaran IPS. Bagi guru bisa meningkatkan kreatifitasnya merancang dan merevisi rencana proses pembelajaran dengan penerapan nilai karakter sesuai kondisi sekolah dan materi pelajaran. Yang menjadikan peserta didik mampu mandiri, meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia terwujud dalam perilaku sehari-hari.

Kata Kunci: Analisis, Implementasi, Nilai Karakter, IPS

Full Text:

PDF

References


Amka, A. A. (2013). Membangun Kecerdasan Karakter Anak Usia Dini; Pola Pembelajaran PAUD Berkarakter . Jakarta: Cempaka Putih.

Azis, A. A. (2013). Membangun Kecerdasan Karakter Anak Usia Dini (Pola Pembelajaran PAUD Berkarakter). Jakarta: Cempaka Putih.

Azis, A. A. (2015). Mutiara Pendidikan Karakter. Jakarta: Halimun Media Citra.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. . Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdiknas. (2010). Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya.

Purwanto, N. (2004). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sarbaini. (2012). Pembinaan Nilai, Moral Dan Karakter Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Norma Ketertiban Di Sekolah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, M. A. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v8i1.6442

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been indexed and abstracted by:

Scinapse | Academic search engine for paperpublons-logo | JIDMR