IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS
Abstract
Abstract: Problem-based learning model is learning that uses various thinking abilities of students individually or in groups. The purpose of PBL is to improve the ability to apply concepts to new / real problems, the desire to learn, direct self-learning, and skills. Critical thinking is thinking reasoned and reflective with an emphasis on making decisions about what to believe or do. The ability to think critically will arise in students if during the learning process in the classroom, the teacher builds patterns of interaction and communication that emphasizes the process of actively forming knowledge by students.
Key words : Problem based learning, critical thinking
Abstrak: Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir peserta didik secara individu maupun kelompok. Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru/nyata, keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri, dan keterampilan. Berpikir kritis adalah berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pada pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai atau dilakukan. Kemampuan berpikir kritis akan muncul dalam diri siswa apabila selama proses pembelajaran di dalam kelas, guru membangun pola interaksi dan komunikasi yang lebih menekankan pada proses pembentukan pengetahuan secara aktif oleh siswa.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik kelas viii. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 465–471. Retrieved from research-report.umm.ac.id
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41
Sari, D. D. (2012). Penereapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 SLEMAN. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/9174/10/10 BAB I - V.pdf
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyan, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinkings Skills (HOTS). Dirjen GTK Kemendikbud, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254.
Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik kelas viii. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 465–471. Retrieved from research-report.umm.ac.id
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41
Sari, D. D. (2012). Penereapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 SLEMAN. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/9174/10/10 BAB I - V.pdf
Setiawati, W., Asmira, O., Ariyan, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinkings Skills (HOTS). Dirjen GTK Kemendikbud, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767
Article Metrics
Abstract view : 3906 timesPDF - 12258 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been indexed and abstracted by: