IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP BERPIKIR KRITIS

JUNAIDI JUNAIDI

Abstract


Abstract: Problem-based learning model is learning that uses various thinking abilities of students individually or in groups.  The purpose of PBL is to improve the ability to apply concepts to new / real problems, the desire to learn, direct self-learning, and skills.  Critical thinking is thinking reasoned and reflective with an emphasis on making decisions about what to believe or do.  The ability to think critically will arise in students if during the learning process in the classroom, the teacher builds patterns of interaction and communication that emphasizes the process of actively forming knowledge by students.

Key words : Problem based learning, critical thinking

 

Abstrak: Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir peserta didik secara individu maupun kelompok. Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep pada permasalahan baru/nyata, keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri, dan keterampilan. Berpikir kritis  adalah  berpikir  secara  beralasan  dan  reflektif  dengan menekankan  pada  pembuatan  keputusan  tentang  apa  yang  harus dipercayai  atau  dilakukan.  Kemampuan  berpikir  kritis  akan muncul dalam diri siswa apabila selama proses pembelajaran di dalam kelas, guru membangun  pola  interaksi  dan  komunikasi  yang  lebih  menekankan  pada  proses pembentukan  pengetahuan  secara  aktif  oleh  siswa.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis


Keywords


Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik kelas viii. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 465–471. Retrieved from research-report.umm.ac.id

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41

Sari, D. D. (2012). Penereapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 SLEMAN. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/9174/10/10 BAB I - V.pdf

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyan, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinkings Skills (HOTS). Dirjen GTK Kemendikbud, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254.

Lestari, I., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial peserta didik kelas viii. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 465–471. Retrieved from research-report.umm.ac.id

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Nurkhasanah, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 35(1), 33–41. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p33-41

Sari, D. D. (2012). Penereapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 SLEMAN. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/9174/10/10 BAB I - V.pdf

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyan, Y., Bestary, R., & Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higer Order Thinkings Skills (HOTS). Dirjen GTK Kemendikbud, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yustyan, S., Widodo, N., & Pantiwati, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Siswa Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(2), 240–254.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i1.7767

Article Metrics

Abstract view : 3906 times
PDF - 12258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been indexed and abstracted by:

Scinapse | Academic search engine for paperpublons-logo | JIDMR