MODEL TEAM GAMES TOURNAMENTS (TGT) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR IPS SISWA MTS AHMAD YANI JABUNG KAB MALANG

Nailul Fauziyah, Ratna Nulinnaja, Hafsoh Al Aziizah

Abstract


Kurangnya partisipasi belajar siswa saat peroses pembelajaran IPS pada siswa-siswi kelas VII di MTS Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang.  Adanya problematika tersebut penelitian ini menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) karena model ini dianggap tepat dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa-siswi kelas VII pada pembelajaran IPS yang dapat membantu dalam membangun karakter sosial siswa seperti berpikir kritis, kecakapan berkomunikasi, berkolaborasi serta mendorong minat belajar dan partisipasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MTS Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan, subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII A sebanyak 27 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model Teams Games Tournaments (TGT) untuk pembelajaran IPS. (2) Mengetahui bagaimana partisipasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di MTs Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang.

 


Keywords


Partisipasi, Teams Games Tournaments (TGT), Siswa

Full Text:

PDF

References


Ernawati, D. (2013). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus 6 Mengwi. Bandung.

Fachrurrozie, W. dan. (2014). Teams Games Tournament (Tgt) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Dinamika Pendidikan, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3355

Hopkins, D. (1993). Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). 25, XIX + 382 HAL.

Juaini, M. (2020). Mandalika Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments ( TGT ) untuk Mandalika. 2, 43–55.

Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Vol 9 No 1, 9(1), 1–15. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/Enok_Maryani.pdf

Nafisah, S. (2015). Korelasi Persepsi Guru Ips Terhadap Mapel Ips Terpadu Dengan Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) (Studi Kasus Guru Ips Smp Di Kabupaten Lamongan).

Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rusmawati, P. E., Candiasa, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP N 2 Semarapura Tahun Pelajaran 2012/2013. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 1–11.

Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 115–120. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1749.115-120

Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Pendidikan Dan Pengajaran, (1–3), 45–53.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tournament, T. G., Um, S. M. A. L., & Tournament, T. G. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma Laboratorium UM Pada Materi Hidrokarbon. 1–9.

Waryana. (2020). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IXA SMP Veteran 1 Manyaran Tahun 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(1), 57–66.

Widodo. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Dalam Menyusun RPP Melalui Pendampingan Di Sekolah Binaan SMP Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 5, 149.

Wulandari, H., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Media Photo Story Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Glagahombo 2 SLEMAN Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Neg. 4(2).

Yanti Purnamasari. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) The Influence Of Teams Games-Tournament (Tgt) Cooperative Learning On Self Regulated Learning As Well As Mathematical Reasoning And Connection Abilities Of SMPN 1 Tasikmala. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8722

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Socius

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.