PENANAMAN KARAKTER BERBASIS NILAI KEAGAMAAN DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Azharotunnafi Azharotunnafi

Abstract


Abstrak

Pada era perkembangan dunia dalam revolusi 4.0, berbagai tuntutan harus dipenuhi untuk mencegah tergerusnya nilai karakter budaya bangsa. Salah satu upaya untuk menanamkan karakter adalah dengan pendidikan karakter yang berbasis nilai keagamaan. Penanaman karakter perlu diintegrasikan ke dalam pembelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) karena sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS yaitu agar peserta didik mampu menelaah permasalahan sosial sehingga menjadi warga negara yang baik. Agar tujuan tersebut tercapai, maka pembelajaran perlu dilakukan dengan mengintegrasikan karakter. Integrasi dari nilai keagamaan ini dapat dilakukan dengan cara antara berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, menerapkan sikap peduli terhadap sesama, bekerja sama dan gotong royong, menerapkan keteladanan, serta pembiasaan. Pembiasaan ini meliputi tadarus al-Qur’an, sholat berjamaah, menyelipkan dalil atau hadist yang relevan ke dalam pembelajaran dan memasang poster yang bernuansa Islam seperti asmaul husna dan kata-kata mutiara. Penanaman karakter berbasis nilai agama dalam IPS diharapkan mampu untuk diinternalisasikan oleh peserta didik sehingga dapat membangun karakter.

 

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Ilmu Pengetahuan Sosial, Nilai keagamaan

 

Abstract

In the era of world development in the 4.0 revolution, various demands must be met to prevent the erosion of the nation's cultural character values. One effort to instill character is by character education based on religious values. Character development needs to be integrated into learning, especially Social Studies because it is matched with the objectives of social studies learning so that students are able to examine social problems so that they become good citizens. In order to achieve these goals, learning needs to be done by integrating character. The integration of religious values can be done by praying before and after learning activities, applying a caring attitude towards others, working together and mutual cooperation, applying exemplary, and habituation. This habit includes reading al-Qur'an, prayer in congregation, slipping relevant propositions, or hadiths into learning and putting up posters with Islamic nuances such as Asmaul Husna and aphorisms. It is hoped that the inculcation of character-based religious values in social studies can be internalized by students so they can build character.

 

Keywords: Character Education, Social Studies, Religious Values

Keywords


Character Education, Social Studies, Religious Values

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal PEDAGOGIA, 1(1), 85–98.

Afwadzy, B. (2016). Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 1(1), 101–127.

Brandoi Siringoringo, S. (2015). Ke Mana Perginya Karakter Bangsa Indonesia yang Dulunya Kuat Itu? Retrieved from Ke Mana Perginya Karakter Bangsa Indonesia yang Dulunya Kuat Itu? website: https://www.kompasiana.com/suryono.briando/550f0a12813311c52cbc6725/ke-mana-perginya-karakter-bangsa-indonesia-yang-dulunya-kuat-itu.

Chowdhury, M. (2016). Emphasizing Moral, Values, Ethics, and Character Education in Science Education and Science Teaching. MOJES: The Malaysian Online Journal of Eduactional Science, 4(2), 1–16.

Gray, T. (2009). Character Education in School. ESSAI, 7(21), 56–61.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, T. (2014). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Baik dan Pintar. Bandung: Nusa Media.

Mattulada, A. (1991). Ilmu-ilmu Kemanusiaan (Humaniora) Tantangan Harapan dalam Pembangunan. UNHAS.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurindah Sari, S., Rachman, M., & Sri Utari, I. (2015). Model Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan Sosial pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Agama. Journal of Educational Social Studies, 4(1), 1–7.

Puskur Kemdiknas, P. K. (2010). Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas.

Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sudrajat, A., & Wibowo, A. (2011). Pembentukan Karakter Terpuji di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, III(2), 174–185.

Supardi, S. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.

Yusuf, M. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Qurani dan Kearifan Lokal. Jurnal KARSA, 22(1), 53–56.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.8763

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Socius

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.