PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Rosdiati Rosdiati

Abstract


Metode mengajar yang guru gunakan dalam setiap kali pertemuan kelas bukanlah asal pakai, tetapi setelah melalui seleksi. Sebab dalam kegiatan belajar mengajar, mengajar bukan semata persoalan menceritakan . belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penelitian  ini mengangkat  masalah mengenai pembelajaran kooperatif model JIGSAW dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Ekonomi, yang diterapkan pada siswa kelas X IPS5 di SMA  Negeri 1 Simpang Empat  Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif model JIGSAW dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Dari hasil  analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (70,27%), siklus II (78,37%), sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dengan model JIGSAW dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X IPS5, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata pelajaran Ekonomi.


Keywords


Pendidikan Karakter, Ilmu Pengetahuan Sosial, Nilai Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Budiawan, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i1.1410

Ernita, T., & Fatimah, R. A. (2016). Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Doubleclick: Journal of Computer and Information Technology. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Mutallib, A. (2014). Implementasi Pembelajaran Berbasis masalah untuk Meningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.51

Rofian, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1350

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Rufi’i, R. (2010). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Perolehan Belajar Konsep dan Prosedur Statistika. (Disertasi).

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Journal EVALUASI. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79

Serlina, S., & Leonard, L. (2018). Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Widayati, A. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jurnalsocius.v9i2.9285

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Socius

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.