FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA KADER POSBINDU PENYAKIT TIDAK MENULAR

Renate Pah Kiting, Bahrul Ilmi, Syamsul Arifin

Sari


Penyakit tidak menular (PTM) terus mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Inovasi dan strategi yang dilakukan dalam pengendalian PTM di tingkat dasar salah satunya melalui kegiatan pos pembinaan terpadu (posbindu). Posbindu PTM dapat berjalan dengan partisipasi aktif kader dan masyarakat. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kinerja kader Posbindu PTM. Penelitian menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 kader Posbindu PTM dari 19 Posbindu PTM yang ada di Kota Banjarmasin. Sampel berjumlah 78 orang, penghitungan sampel menggunakan rumus Slovin, teknik sampling simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Ada hubungan sikap dengan kinerja (p=0,000 OR=25,600), ada hubungan motivasi dengan kinerja (p=0,000 OR=67,000), tidak ada hubugan SDM dengan kinerja (p=0,258), ada hubungan penghargaan dengan kinerja (p=0,013 OR=10,400), ada hubungan desain pekerjaan dengan kinerja (p=0,000 OR=36,750) dan tidak ada hubungan peran pemangku kepentingan dengan kinerja (p= 0,288). Secara simultan sikap, motivasi, SDM, penghargaan dan desain pekerjaan 90% mempengaruhi kinerja kader Posbindu PTM. Ada hubungan positif sikap, motivasi, penghargaan dan desain pekerjaan dengan kinerja kader Posbindu PTM dan tidak ada hubungan SDM dan peran pemangku kepentingan dengan kinerja kader Posbindu PTM. Saran varabel motivasi dan desain pekerjaan adalah paling dominan berhubungan dengan kinerja kader sehingga dapat diambil sebagai pedoman atau pertimbangan dalam merencanakan kegiatan untuk meningkatkan kinerja kader Posbindu PTM.

Kata Kunci


faktor yang berhubungan; kinerja kader

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pengembangan Pelayanan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Puskesmas. Kementerian Kesehatan RI. 2012.

Kementerian Kesehatan RI. Draf Petunjuk Teknis Surveilans Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular Berbasis Posbindu. Kementerian Kesehatan RI. 2013.

Kementrian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Puskesmas. Kementrian Kesehatan RI. 2012.

Nilawati. Pengaruh Karakteristik Kader dan Strategi Revitalisasi Posyandu Terhadap Keaktifan Kader di Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2008. Medan. 2008.

Septriliyana N, Sari EW. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Lansia Mengenai Posbindu di RW 07 Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Kartika. 2011; 2(1): 43-9.

Kementerian Kesehatan RI. Buku Monitoring Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular. Kementerian Kesehatan RI. 2013.

Muslimat M. Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Apriyanti Mulya di kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. 2014.

Andriani K, Bisri RS, Maryam S. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kesehatan Pada Penerapan Program Keluarga Sadar Gizi di Kabupaten Sukoharjo. Manajemen Bisnis Syariah, No 01/ Thn VII/ .Agustus 2012- Januari 2013. Sukoharjo. 2013.

Kementrian Kesehatan RI. Buku Pintar Kader Penyelenggaraan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Kementrian Kesehatan RI. 2013.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2010.

Puspasari A. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kader posyandu di kota Sabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Skripsi. Bogor: Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber daya Keluarga.Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor; 2002.

Kementrian Kesehatan RI. (2012) Buku Perlengkapan Advokasi Penyakit Tidak Menular. Kementrian Kesehatan RI. 2012.

Brahmasari A, Suprayetno A. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2008; 19(2): 124-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3149

Article Metrics

Sari view : 197 times
PDF - 221 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats