HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT

Dian Rizeki Finarti, Ahmad Alim Bachri, Syamsul Arifin

Sari


Sumber daya manusia terbanyak yang berinteraksi secara langsung dengan pasien adalah perawat, sehingga kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh perawat dapat dinilai sebagai salah satu indikator baik atau buruknya kualitas pelayanan di rumah sakit. Studi pendahuluan awal yang dilakukan pada bulan April peneliti melakukan wawancara dengan 9 perawat di ruang rawat inap RSUD Ratu Zalecha Martapura tentang stres kerja perawat dan diperoleh data yang mengatakan bahwa perawat ruang rawat inap memiliki tingkat kejenuhan dan rasa tertekan yang dialami selama melakukan pekerjaannya, dan hal ini merupakan salah satu faktor pemicu munculnya stres dalam bekerja yang diperkuat dengan pernyataan 5 pasien bahwa pasien kurang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perawat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian analitik korelasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai RSUD Brig. Jend. H. Hasan Basry. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  simple random sampling. Variabel penelitian adalah gaya kepemimpinan, motivasi, stres kerja dan kinerja perawat RSUD Ratu Zalecha Martapura sebagai variabel terikat.. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner.Hasil analisa regresi logistik  memperoleh hasil  variabel gaya kepemimpinan dari analisa regresi logistik ternyata nilai taraf signifikansi pada variabel motivasi nilainya berubah yang semula 0,001 menjadi 0,000. Perubahan  tersebut merupakan fenomena bahwa gaya kepemimpinan memiliki hubungan secara tidak langsung terhadap kinerja perawat walaupun sangat rendah. Ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan, motivasi, stres kerja dengan kinerja perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Ratu Zalecha Martapura yaitu hubungan yang positif dengan hasil regresi sebesar 4.328.

Kata Kunci


Gaya kepemimpinan; motivasi; stres Kerja; kinerja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama TY. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI-Press; 2000.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC; 2004.

Mulyati. Pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD DR. Muwardi Surakarta. 2006.

Edy. Pengaruh Budaya Organisasional dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Mata Dr. YAP Yogyakarta dengan Motivasi dan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 2008; 2(3): 160-67.

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2006.

Khairunnisa. Relathionship And Nurse Perception About the Leadership of Hospital Director Toward Nurse Work Satisfaction at in Patient Intallation Ratu Zalecha Hospital Martapura. Asian Journal of Apllied Sciences. 2015; 3(2): 471.

Ilyas Y. Kinerja (Teori, Penilaian dan Penelitian). Cetakan Pertama. Jakarta: FKM UI; 2001.

Adiono. Analisis Kepemimpinan Yang Mendorong Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Serta Dampaknya terhadap Kinerja Perawat di Rumah Sakit se Kota Palu. Tesis. Jakarta: FKM UI. 2002.

Siagian SP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara; 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3150

Article Metrics

Sari view : 154 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats