HUBUNGAN ANTARA UMUR DAN INDEKS BEBAN KERJA DENGAN KELELAHAN PADA PEKERJA DI PT. KARIAS TABING KENCANA

Arief Budiman, Husaini Husaini, Syamsul Arifin

Sari


PT. Karias Tabing Kencana merupakan salah satu perusahaan karet di Kalimantan Selatan. Kecelakaan kerja bisa menurunkan produktivitas perusahaan. Salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan dan menurunnya produktivitas adalah kelelahan pada pekerja. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian tentang faktor – faktor yang menyebabkan kelelahan yaitu umur dan beban kerja agar angka kecelakaan kerja dapat diturunkan dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui hubungan umur dan kelelahan, mengetahui hubungan beban kerja dengan kelelahan dan hubungan umur dan beban kerja secara simultan dengan kelelahan pada pekerja di PT. Karias Tabing Kencana. Penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan didapat sebanyak 41 pekerja. Analisa bivariat dan multivariate. Hasil Penelitian Terdapat hubungan antara umur dengan kelelahan dengan nilai p = 0,0001 .Terdapat hubungan antara beban dengan kelelahan dengan nilai p = 0,0001, Tidak ada hubungan antara umur dan beban kerja secara bersama sama dengan kelelahan. Kesimpulan peneltian ada hubungan umur dengan kelelahan , Ada hubungan beban dengan kelelahan, dan tidak ada hubungan umur dan beban (secara bersama – sama) dengan kelelahan.

Kata Kunci


Umur; Beban Kerja; Kelelahan kerja; dan Pekerja PT. Karias Tabing Kencana

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi DPG. Hubungan Antara Iklim Kerja, Asupan Gizi sebelum Bekerja, dan Beban Kerja terhadap Tingkat Kelelahan pada Pekerja Shift Pagi Bagian Packing PT.X, Kabupaten Kendal. Jurnal Kesehatan Masyarakat FKM UNDIP.2013; 2(2).

International Labour Organization (ILO). undang–undang ketenagakerjaan Indonesia: Major Labour Laws of Indonesia. Kantor Perburuhan Internasional. 2004.

Murleni W, Haryono W. Hubungan antara Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja Karyawan Laundry di Kelurahan Warungboto Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Jurnal KESMAS UAD. 2011; 5(3).

Hanifa TYU. Pengaruh Kebisingan terhadap Kelelahan pada Tenaga Kerja Industri Pengolahan Kayu Brumbung Perum Perhutani Semarang Tahun 2005. Skripsi. Semarang: Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang. 2005.

Nurmianto E. Egonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya. 2003.

Nugroho W. Keperawatan Gerontik, Edisi 2. Jakarta: EGC. 2000.

Maringan. Laporan Tahunan Balai Hiperkes dan Keselamatan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin. 2007.

Betari NPRM. Pengaruh Stres Kerja, Kelelahan, Stres Fisiologis terhadap Kinerja Manajer Proyek. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2014.

Maghfiroh S. Hubungan torelansi Stress, Shift Kerja dan Status Gizi dengan Kelelahan pada Petugas Intalasi Gawat Darurat dan Intensive Care Unit. Tesis. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang. 2015.

Maurits L, Imam DW. Faktor dan Penjadualan Shift Kerja. Jurnal Tektoin 2008; 13(2): 11-22.

Budiono S. Bunga rampai Hiperkes dan KK. Semarang : BP Universitas Diponegoro. 2000.

Suma’mur PK. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Gunung Agung.1996.

Nurmianto E. Ergonomic Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya. 2003.

Nurmianto E. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Edisi ke 2. Surabaya: Guna Widya. 2008.

Hariyati M. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kelelahan Kerja pada Pekerja Linting Manual di PT. Djitoe Indonesia Jakarta. Skripsi FK – USM. Surakarta: 2009.

Setyawati LK. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Penerbit Amara Book. Yogyakarta. 2011.

Wignjosoebroto S. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Surabaya: Penerbit Guna Widya. 2003.

Budiono J, Pusparini. Bunga Rampai Higiene Perusahaan Ergonomi Kesehatan Keselamatan Kerja. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. 2003.

Kravitz Len. Panduan Lengkap Bugar Total (Sadoso Sumosardjuno. Terjemah). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Buku asli diterbitkan tahun 1997. 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3151

Article Metrics

Sari view : 195 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats