ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PESERTA PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN PAMINGGIR

Marnah Marnah, Husaini Husaini, Bahrul Ilmi

Sari


Kesehatan merupakan faktor yang berperan penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu upaya pemerintah yang bertujuan peningkatan derajat kesehatan masyarakat yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Data kunjungan Puskesmas Paminggir tahun 2014 sejumlah 655, dengan jumlah kepesertaan pengguna kartu jaminan kesehatan  2046 peserta. Jumlah kunjungan tersebut masih didominasi oleh pasien umum sebesar 817 kunjungan. Studi pendahuluan telah dilakukan dan didapatkan hasil bahwa, sebagian besar peserta menyatakan tidak pernah menggunakan kartu jaminan kesehatan dalam berobat, bahkan ada yang menyatakan mereka tidak mengetahui fungsi dari kartu tersebut. Berdasarkan permasalah tersebut, maka penting untuk dilakukan penelitian mengenai analisis perilaku masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan peserta PKH. Tujuan Penelitian menganalisis perilaku masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan peserta PKH di Kecamatan Paminggir. Metode Penelitian ini adalah Kualitatif dengan pendekatan content analysis. Subjek penelitian adalah Peserta PKH, variabel penelitian yaitu faktor predisposisi, pendorong dan pemungkin perilaku dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan, alat yang digunakan indepth interwiew. Analisis data menggunakan teknik analisa data kualitatif. asil analisis dari indepth interwiew ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku peserta PKH dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan, faktor predisposisi meliputi informasi, keyakinan, pengalaman, kebiasaan, nilai budaya, kenyamanan, dan faktor pendorong meliputi dukungan sosial, sarana prasarana, biaya, akses,  proses pengambilan keputusan, serta faktor pemungkin seperti sikap dari petugas, peraturan/kebijakan, administrasi penyedia layanan. Kesimpulan penelitian ini perilakumasyarakat dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan oleh peserta PKH ada yang hanya memanfaatkan pelayanan kesehatan medis, ada yang hanya pelayanan kesehatan alternatif, dan ada yang memanfaatkan keduanya.


Kata Kunci


Perilaku; PKH; pemanfaatan; pelayanan kesehatan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Endra F. Paradigma Sehat. Jurnal Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. 2010; 1(1): 14-15.

Departemen Sosial RI. Pedoman Umum PKH. Ditjen Jamkesos. 2011.

Marshall R. Designing Qualitative Research. London: Sage Publication. 2007.

Wilisdwipa. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Penelitian Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 2008; 2(4): 6-7.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Hardayati W, Mulyadi, Daryono. Analisis Perilaku Masyarakat terhadap Angka Bebas Jentik dan Demam Berdarah dengue di Kecamatan Pekanbaru Riau. Jurnal Ilmu Lingkungan. 2011; ISSN 1978-5283.

Sogiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Pinem R. Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Suami Tentang Alat Kontrasepsi Pria Di Desa Juhar Perangin-Angin Kecamatan Juhar Kabupaten Karo Tahun 2012. Skripsi. Universitas Sumatra Utara; 2012.

Simamora B. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2008.

Khairurrahmi. Pengaruh Faktor Predisposisi, Dukungan Keluarga dan Level Penyakit Orang Dengan HIV/AIDS Terhadap Pemanfaatan VCT di Kota Medan. Jurnal Penelitian Kesehatan. 2009; 1(2): 10-11.

Tanjung M. Faktor Predisposisi Yang Mempengaruhi Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri Skripsi. Universitas Sumatra Utara; 2012.

Saleh PA, Amir MY, Palutturi S. Hubungan Faktor Sosial dan Psikologis Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di RS Bhayangkara Makassar.. Jurnal Penelitian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanuddin. 2012.

Supardi S, Notosiswoyo. Pengobatan sendiri sakit kepala demam, batuk dan pilek pada masyarakat di Desa Awalen Kecamatan Warungkondang. Majalah Ilmu Kefarmasian. 2005; 2(3) 134-44.

Sinambela LP. Reformasi Pelayanan Publik: Teori,Kebijakan dan Implementasi. cetakan kelima. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2010.

Wulansari K. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pasca Program Kesehatan Desa Siaga. Departemen Sosiologi Fisip Universitas Airlangga. 2012.

Suryani T. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Graha Ilmu. 2008.

Shoham A, Saker M, Gavish Y. Preventive Health Behaviors The Psycho-marketing Approach. International Journal of Psychological Studies. 2012; 4(1): 5-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3152

Article Metrics

Sari view : 110 times
PDF - 365 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats