FILTRASI CAMPURAN PASIR DAN AMPAS TAHU KERING SEBAGAI ADSORBEN LOGAM BESI DAN MANGAN PADA AIR GAMBUT

Nadia Eka Pratiwi, Husaini Husaini, Eko Suhartono

Sari


Potensi air gambut di Kalimantan sebagai air  baku yang berlimpah tidak secara langsung dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti air minum, mandi dan mencuci. Kecamatan Gambut dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki kualitas air gambut yang ekstrim yaitu derajat keasaman pH antara 3,7 – 4,3, kandungan zat organik tinggi dengan nilai KMnO4 antara 38-280 mg/l, serta kadar logam terlarut  Fe antara 0,45-5,96 mg/l. Kandungan logam besi dan mangan terlarut yang tinggi dapat mempengaruhi kehidupan biota, sumber daya dan kenyamanan ekosistem perairan. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kemampuan rancang media penyaring campuran pasir dan ampas tahu kering dalam berbagai variasi berat dan waktu kontak untuk menurunkan kadar logam besi dan mangan pada air gambut. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental ( tidak dilakukan randomisasi) dengan post test group design tanpa kelompok kontrol. Media filter terdiri atas pasir dan ampas tahu kering dengan variabel bebasnya yaitu waktu kontak dan berat penjerap. Data dianalisis menggunakan uji Anova dua arah, kemudian dilanjutkan dengan uji Post Hoc. Uji Anova dua arah menunjukkan hubungan yang signifikan dan terdapat interaksi pada variabel waktu kontak dan berat penjerap dalam menurunkan kadar besi dan logam di dalam air gambut (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan signifikan dalam menurunkan kadar besi dan mangan dilihat dari waktu kontak dan berat penjerap.

Kata Kunci


Air gambut; pasir; ampas tahu kering; waktu kontak; berat penjerap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Novrian D, Novi R. Penjernihan Air Rawa Gambut Dengan Zno-Sno2 Yang Dibuat Metoda Solid State Reaction di Bawah Sinar Matahari. Media Sains. 2014; 7(1): 123-6.

Effendi, Yuliansyah. Pengaruh Tanah Liat Podsolik Sebagai Koagulasi Pada Proses Pengolahan Air Gambut Di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Yogyakarta: Kanisius. 2010.

Wahyu A, Suci PS, Umroh. Efektifitas Bahan Alami dalam Perbaikan Kualitas Air Masyarakat Nelayan Wilayah Pesisir Kabupaten Bangka. Jurnal Sumberdaya Perairan. 2014 8(2):34-99.

Wahyudin S. Efektifitas Penurunan Fe dan Mn Pada Air Asam Tambang Dengan Tanaman Purun Tikus (Eleocharis dulcis), dan Kayu Apu (Pistia stratiotes) Menggunakan Sistem Lahan Basah Buatan Metode Batch Bertingkat. 2014.

Edahwati L. Kombinasi Proses Aerasi, Adsorpsi dan Filtrasi Pada Pengolahan Air Limbah Industry Perikanan. Jurnal Teknik Lingkungan. 2010; 9(1): 79-83.

Wetlands International - Indonesia Programme. 2004.

Aji BS. Adsorpsi Zeolit Terhadap Nikel. Edisi 2. Yogyakarta: SMTI. 2009.

Nohong. Pemanfaatan Limbah Tahu Sebagai Bahan Penyerap Logam Krom, Kadmium dan Besi Dalam Air Lindi TPA. Jurnal Pembelajaran Sains. 2010; 6(2): 257-69.

Mary S, Suryani S. Studi Pengolahan Air Melalui Media Filter Pasir Kuarsa (Studi Kasus Sungai Malimpung). Prosiding Hasil Penelitian Fakultas Teknik. 2012; 6: 1-6.

Priyanti, Etyn Y. Uji Kemampuan Daya Serap Tumbuhan Genjer (Limnocharis flava) Terhadap Logam Berat Besi (Fe) dan Mangan (Mn). Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2013.

Fatriani. Pengaruh Konsentrasi Dan Lama Perendaman Arang Aktif Tempurung Kelapa Terhadap Kadar Fe dan pH Air Gambut. 2009.

Agustin Retnosari. Ekstraksi dan Penentuan Kadar Silika (SiO2) Hasil Ekstraksi Dari Abu Terbang (Fly Ash) Batubara. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan Kimia. Universitas Jember. 2013.

Hartini E. Cascade Aerator Dan Buble Aerator Dalam Menurunkan Kadar Mangan Air Sumur Gali. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2012; 8(1).

Wahyu. Efektifitas Penurunan Fe dan Mn Pada Air Asam Tambang Dengan Tanaman Purun Tikus (Eleocharis dulcis), Dan Kayu Apu (Pistia stratiotes) Menggunakan Sistem Lahan Basah Buatan Metode Batch Bertingkat. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v1i2.3153

Article Metrics

Sari view : 79 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats