ANALISIS PENGARUH PENGAWASAN, PENGETAHUAN DAN KETERSEDIAAN TERHADAP KEPATUHAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI

Japeri Japeri, Zairin Noor Helmi, Lenie Marlinae

Sari


Standar oleh Badan Pengawasan Tenaga Nuklir untuk APD yang harus digunakan pada saat pemeriksaan harus mengandung bahan Pb di antaranya berupa apron, kaca mata, perisai gonad, perisai tiroid, dan sarung tangan. petugas radiografer wajib mematuhi aturan untuk memakai alat perlindungan diri (APD). Aspek yang mempengaruhi pemakaian alat pelindung diri di antaranya pengawasan dan peringatan dari tim K3 sangat berpengaruh terhadap kedisiplinan pemakaian APD. Pengetahuan seseorang mempengaruhi cara berpikirnya dalam menghadapi pekerjaannya, termasuk cara menghindari kecelakaan saat bekerja dan ada pengaruh ketersediaan mengenai jumlah APD yang disediakan terhadap kepatuhan pemakaian APD. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktorfaktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan pemakaian alat pelindung diri pada petugas radiologi rumah sakit di Banjarmasin. Jenis penelitian ini bersifat observasional analitik dengan metode cross sectional. Subjek penelitian adalah petugas radiologi yang bekerja di empat rumah sakit berbeda di Banjarmasin terdiri dari RSUD Ulin Banjarmasin sebanyak 17 petugas, RSUD Dr. H. Moch Anshari Saleh sebanyak 11 Petugas, RS Sari Mulia sebanyak 5 petugas dan RS Islam sebanyak 4 petugas. Data dianalisis menggunakan uji statistik Regresi Logistik Berganda. Uji Fisher exact test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengawasan dengan kepatuhan, nilai p = 0,013, tidak ada pengaruh antara pengetahuan dengan kepatuhan pemakaian alat pelindung diri pada petugas radiologi nilai p = 0,140. tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara ketersediaan dengan kepatuhan pemakaian alat pelindung diri dalam bekerja di instalasi radiologi dengan nilai P value 0,160. Pada analisis multivariat menggunakan uji Regresi Logistik Ganda dengan metode Enter, menunjukkan bahwa variabel pengawasan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepatuhan (p= 0,019). Nilai Odd ratio menunjukkan angka 15,429 yang berarti petugas radiologi yang mendapat pengawasan rendah maka 15,43 kali akan tidak patuh memakai APD, dibandingkan petugas radiologi yang mendapatkan pengawasan tinggi. Data penelitian juga memperlihatkan 29 responden yang patuh terhadap APD, 22 orang (74,1%) bekerja dengan pengawasan tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan faktor yang paling berpengaruh adalah pengawasan dengan nilai Nilai Odd ratio (OR) menunjukkan angka 14,571 yang berarti petugas radiologi yang mendapat pengawasan rendah maka 14,57 kali akan tidak patuh memakai APD, dibandingkan petugas radiologi yang mendapatkan pengawasan tinggi.

Kata Kunci


pengawasan; pengetahuan; ketersediaan; kepatuhan; alat pelindung diri; radiologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Moehadi AST. Tingkat Kepatuhan Mahasiswa Profesi Dalam Proteksi Diri Terhadap Paparan Radiasi. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin

Makasar, 2015.

Alfira NS. Pengaruh Sinar - X Terhadap Kesehatan Janin Ibu Hamil Trimester Pertama. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin, 2014.

Internasional Atomic Energy Agency. Radiation Protection and Safety Of Radiation Sources: Internasional Basic Safety Standards. New York: IAEA, 2011.

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN). Pedoman Dosis Pasien Radiodiagnostik tahun 2013.

Akhadi M. Buku Dasar-Dasar Proteksi Radiasi. Jakarta: PT Bineka Cipta, 2012.

Hendra Y, Utomo M, Salawati T. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktek Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Pada Radiografer Di Instalsi Radiologi 4 Rumah Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia 2011; 7(1): 9-14.

Apriliani S. Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Terhadap Keselamatan Kerja Perawat IGD RSUD Pasar Rebo Tahun 2012. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia, 2012.

Lemeshow S. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 1997.

Sumardjo D. Pengantar Kimia: Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran. Jakarta: EGC, 2008.

Sarwoto. Buku Dasar-Dasar Organisasi Dan Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1991.

Wentz CA. Safety Health and Environmental Protection. International Editions 1999. Singapore: Penerbit McGraw-Hill Book Co Singapore, 1998.

Arifin AB, Susanto A. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pekerja Dalam Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) di Bagian Coal Yard PT X Unit 3 dan 4 Kabupaten Jepara Tahun 2012.

Jurnal Kesehatan Masyarakat 2013; 1:1.

Putri KDS. Analisis Faktor Yang berhubungan dengan Kepatuhan Menggunakan Alat Pelindung Diri. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v2i1.4845

Article Metrics

Sari view : 149 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats