PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP PERSEPSI KEPUASAN PASIEN DI LABORATORIUM PUSKESMAS KOTA BANJARBARU TAHUN 2016

Lisa Setia, Ruslan Muhyi, Husaini Husaini

Abstract


Kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu masyarakat membutuhkan pelayanan yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Mutu pelayanan kesehatan merupakan suatu persepsi atau pandangan pasien tehadap apa yang mereka terima dibandingkan dengan harapan mereka sebelumnya terhadap mutu pelayanan itu sendiri. Puskesmas dalam upaya meningkatkan pelayanan dan meningkatkan kepuasan pasien perlu mengadakan sistem pengukuran kepuasan pelanggan untuk dapat mengetahui kebutuhan dan harapan pasien mengingat bahwa harapan merupakan standar perbandingan untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan terhadap persepsi kepuasan pasien di laboratorium puskesmas Kota Banjarbaru tahun 2016. Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta BPJS yang mendapatkan pelayanan kesehatan di Laboratorium Puskesmas Kota Banjarbaru. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2016. Uji fisher exact test menunjukan tidak ada pengaruh antara kehandalan terhadap persepsi kepuasan pasien, tidak ada pengaruh antara ketanggapan terhadap persepsi kepuasan pasien, tidak ada pengaruh antara jaminan terhadap persepsi kepuasan pasien, tidak ada pengaruh antara empati terhadap persepsi kepuasan pasien, ada pengaruh antara bukti langsung terhadap persepsi kepuasan pasien, ada pengaruh antara biaya terhadap persepsi kepuasan pasien, ada pengaruh antara mutu pelayanan bukti langsung dan biaya terhadap persepsi kepuasan pasien di laboratorium Kota Banjarbaru tahun 2016. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh antara mutu pelayanan bukti langsung dan biaya terhadap persepsi kepuasan pasien di laboratorium Kota Banjarbaru tahun 2016.

Keywords


mutu pelayanan; kepuasan pasien

References


Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Tangerang: Binarupa Aksara, 2010.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pusat Kesehatan Masyarakat.

Kementrian Kesehatan RI. Buku Pegangan Sosialisai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan. 2013.

Husein ZM. BPJS Kesehatan: Perlindungan Kesehatan atau Jasa Keuangan Negara. https://indoprogress.com/2015/07/bpjskesehatan-perlindungan-kesehatan-ataujasa-keuangan-negara/ [diakses 09

Agustus 2016].

Nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Medika, 2011.

Sulistyo PB. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS di Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten. Skripsi. Surakarta: STIKES Kusuma Husada,

Sibagariang HYBR. Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS di Puskesmas Sumbersari Jember. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jember, 2016.

Bustami. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.

Badan Pusat Statistik Kota Banjarbaru. Banjarbaru Dalam Angka. Banjarbaru: BPS Banjarbaru. 2015.

Ratnawati L. Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien KIA Puskesmas Ngesrep Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2015.

Sangadji EM dan Sopiah. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Winarsih S. Pengaruh Persepsi Mutu Pembelajaran Praktek Laboratorium Kebidanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Program Studi Kebidanan Magelang Poltekkes Semarang Tahun 2007. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro, 2007.

Sudarni D. Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Terhadap Mutu Layanan Rawat Inap di BRSUD Waled Kabupaten Cirebon. Tesis. Jakarta: Univesitas Indonesia, 2009.

Masye E. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Instalasi rawat Inap D RSUP Prof. Dr.R.D Kandaou Manado. Jurnal. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado, 2015.

Lamiri. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Minat Perilaku Pasien yang dilaksanakan di RSI Samarinda. Jurnal. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2008.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayananan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajamen Rumah

Sakit 2017; 6(1): 9-15.

Purba LABR. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Rawat Inap Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang

Tahun 2015. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan, 2015.

Jusriani, Junaid, dan Lisnawaty. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Puriala Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe Tahun 2016. Jurnal.

Universitas Halu Oleo.

Riswardani YTS. Pengaruh Fasilitas, Biaya dan Promosi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya 2013; 14(2): 88-98.

Hermanto D. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro, 2010.

Sri. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dengan Minat Kunjung Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro, 2006.

Tjiptono F. Total Quality Management. Edisi ke-5. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v3i1.4847

Article Metrics

Abstract view : 3411 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2509 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




              

    

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats