HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM MITRA SEJATI MEDAN TAHUN 2017

Susi Amenta Peranginangin

Abstract


Data kunjungan pasien Rumah Sakit Umum Mitra Sejati menunjukkan bahwa jumlah kunjungan pasien rawat jalan mengalami penurunan. Penurunan tersebut diakibatkan karena kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien umum rawat jalan yang datang berobat berulang minimal (2x) di rumah sakit Umum Mitra Sejati Medan yang berjumlah 405 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang (accidental sampling). Analisia data menggunakan univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan kehandalan (p=0,004), daya tanggap (p=0,015), jaminan (p=0,018), empati (p=0,032), dan bukti fisik (p=0,009) dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan tahun 2017. Kehandalan merupakan faktor yang dominan berhubungan dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan tahun 2017 dengan nilai Exp B = 5,820, yang berarti pasien yang puas dengan layanan jasa rawat jalan akan meningkatkan loyalitas pasien sebesar 5,8 kali lebih banyak dibandingkan dengan pasien yang tidak puas. Dengan demikian diharapkan agar RSU Mitra Sejati Medan dapat meningkatkan pelayanan rawat inapnya pada dimensi kehandalan, daya tanggap dan jaminan.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien; Loyalitas Pasien

References


Departemen Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.11 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaran Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI, 2016.

Utama. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Medika Pratama Hijau Jakarta Barat. Jurnal Magister

Manajemen Kesehatan Rumah Sakit.Universitas Esa Unggulan 2013.

Siregar F. S. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Non askes di RSUP H. Adam Malik Medan. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Magister Manajemen. Universitas Terbuka, 2011.

Sewow R. N. J. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Loyalitas Pasien Di Poliklinik Interna Rumah Sakit Gunung Maria. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Samratulangi. 2016.

Yusuf M. W. S. Developing Strategy For Customer Value Creation Towards A Professional Service. 2012.

Ayunda V. R. Gambaran Kepuasan PasienRawat Inap Terhadap Pelayanan Dokter di RS Tugu Ibu Depok Tahun 2009. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat, 2009.

Saragih R, Lubis A. N, Sutatniningsih R. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. 2010.

Tjiptono F. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi, 2012.

Karyati SB. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2006. Tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, 2006.

Gunawan K dan SP Djati. Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja–Bali). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 2011; 13(1): 32-9.

Puspitasari MG dan Edris M. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Mediasi Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Keluarga Sehat Hospital Pati. Analisis Manajemen 2011; 5(2): 49-62.

Berlianty A, Nurhayani. Analisis Loyalitas Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Instalasi Rawat Inap RS Bhayangkara Mappa Oudang Kota Makassar. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makassar. 2013.

Hardi J. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum Dan Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap di RSUD Pasaman Barat Tahun 2010. Tesis. Padang: Program Pascasarjana Universitas Andalas Padang, 2010.

Trimumpuni I. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Miant Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro, 2009.

Sulni YA, Darmawansyah, dan Indar. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Loyalitas Pasien di Puskesmas Baranti Kabupaten Sidrap Tahun 2013. Jurnal. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin. 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v3i2.5072

Article Metrics

Abstract view : 3821 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




              

    

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats