RESPON REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK SAAT PUBERTAS

Arip Ambulan Panjaitan, Sherly Angelia, Nurdaniah Apriani

Sari


Kematangan seksual dan terjadinya perubahan bentuk tubuh sangat berpengaruh pada kehidupan kejiwaan remaja, sementara itu perhatian remaja sangat besar terhadap penampilan dirinya sehingga mereka merisaukan bentuk tubuhnya yang kurang proporsional tersebut. Apabila mereka belum dipersiapkan sejak dini dan kurang mendapatkan informasi tentang perubahan tersebut maka akan timbul kecemasan dan reaksi negatif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik saat pubertas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian sebanyak 41 responden, data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan diolah dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan (p-value=0,033), dukungan keluarga (p-value=0,026), sumber informasi (p-value=0,025) terhadap sikap remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik. Sementera tidak ada hubungan antara olahraga (p-value=0,486) dengan sikap remaja putri dalam menghadapi perubahan fisik. Meningkatkan pengetahuan pada remaja putri yaitu dengan mencari informasi tentang perubahan fisik pada saat pubertas, baik melalui media elektronik maupun non elektronik agar dapat mempersiapkan diri terhadap perubahan yang terjadi.


Kata Kunci


Perubahan fisik, pubertas, remaja putri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Permono H. Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. Dalam: Prosiding Seminar Nasional Parenting; 2013.

Herlina. Mengatasi masalah anak dan remaja melalui buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama; 2013.

Nurhayati T. Perkembangan perilaku psikososial pada masa pubertas. Edueksos. 2015; 4(1): 39-53.

Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI. Situasi kesehatan reproduksi remaja. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kesehatan RI; 2015.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil kesehatan indonesia 2014 [internet]. Tersedia pada http://www.dep kes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil kesehatan-indonesia-2014.pdf

BPS, BKKBN, Kemenkes. Survei demografi dan kesehatan indonesia. survei demografi dan kesehatan indonesia; 2013.

Nurdiantini I, Prastiwi S, Nurmaningsari T. Hubungan pengetahuan remaja putri tentang perubahan fisik pada masa pubertas dengan tingkat stres. J Nurs News. 2017; 2(1): 511–23.

Astuti EP, Ipa M, Wahono T, Ruliansyah A. Analisis perilaku masyarakat terhadap kepatuhan minum obat filariasis di tiga desa Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun 2013. Media Litbangkes. 2014; 24(4): 199–208.

Wanti G. Persepsi masyarakat terhadap peran ganda perempuan dalam keluarga nelayan di Gampong Kuala Tuha Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya [skripsi]. Meulaboh: Universitas Teuku Umar; 2014.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Rohmaniah SNI. Gambaran pengetahuan dan sikap remaja dalam menghadapi perubahan fisik saat pubertas di Pondok Pesantren Al Baqiyatussholihat [skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2014.

Laksmiwati IAA. Transformasi sosial dan perilaku reproduksi remaja. J Stud Jender SRIKANDI. 2003; 3(1): 21-31.

Marnah, Husaini, Ilmi B. Analisis perilaku masyarakat dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Paminggir. Berk Kesehat. 2014; 1(2): 130–8.

Salangka G, Rompas S, Regar M. Hubungan dukungan keluarga dengan kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche di SMP Negeri 1 Kawangkoan. e-Journal Keperawatan (e-Kp). 2018; 6(1): 1-5.

Sofya SNY. Hubungan aktivitas fisik dengan usia menarche pada remaja putri atlet dan non atlet [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor; 2015.

Unayah N, Muslim D, Sabarisman. Fenomena kenakalan remaja dan kriminalitas. Sosio Informa. 2015; 1(2): 121–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v4i2.5491

Article Metrics

Sari view : 90 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.