PERAN AYAH ASI TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTIK ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS 23 ILIR KOTA PALEMBANG

Amrina Rosyada, Dini Arista Putri

Sari


Berdasarkan penelitian, rata-rata Ibu tidak dapat memberikan ASI secara eksklusif bukan karena ibu tidak mau memberikan ASI tetapi ASI ibu yang keluar tidak lancar. Faktor yang mempengaruhi kelancaran ASI ibu dapat berasal dari tingkat stres. Suami memiliki sumbangan yang besar terhadap tingkat stress Ibu. Peran suami yang baik dapat menurunkan tingkat stres ibu dan meningkatkan rasa bahagia yang dapat melancarkan produksi ASI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran Ayah ASI yang dapat mempengaruhi keberhasilan praktik ASI eksklusif serta melihat bagaimana ekskpektasi ibu dan peran ayah dalam mendukung praktik ASI eksklusif.  Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas 23 Ilir sebagai daerah terendah ASI eksklusif di Kota Palembang. Sampel adalah pasangan suami istri sebanyak 60 pasang yang terdiri dari 60 ibu dan 60 ayah. Hasil analisis menunjukkan bahwa 68,3% ibu yang memberikan ASI secara eksklusif. Berdasarkan hasil statistic diketahui dukungan fisik antara sudut pandang ibu dan ayah yang paling tinggi gap nya (p-value < 0,001) sedangkan dukungan yang paling diinginkan ibu adalah dukungan emosional dengan skor 7,5. Para ayah atau suami memiliki peran yang besar terhadap keberhasilan ASI eksklusif . Ayah dapat lebih banyak memberikan dukungan emosional pada ibu seperti memuji, tidak memberikan kritik terhadap bentuk tubuh, dan membahagiakan hati ibu agar hormon oksitoksin dapat diproduksi dengan lancar dan ASI yang keluar akan ikut lancar.

 


Kata Kunci


ASI, Ayah, Stres, Menyusui

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Roesli U. Mengenal ASI Eksklusif. Jakarta: Niaga Swadaya; 2000.

UNICEF Indonesia. ASI eksklusif, artinya ASI tanpa tambahan apapun [Internet]. UNICEF INDONESIA. 2018 [cited 2018 Feb 12]. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/id/reallives_19398.html

Kementrian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta; 2015.

Dinas Kesehatan Kota Palembang. Profil Kesehatan Kota Palembang. Palembang, Sumatera Selatan; 2015.

Kementerian Kesehatan RI. Infodatin ASI. Palembang, Sumatera Selatan: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI; 2014.

Tohotoa J, Maycock B, Hauck YL, Howat P, Burns S, Binns CW. Dads make a difference : an exploratory study of paternal support for breastfeeding in Perth , Western Australia. Biomed Cent. 2009;9:1–9.

Hutagaol E. Hubungan dukungan suami dengan kemauan ibu memberikan asi eksklusif di puskesmas tuminting kecamatan tuminting. ejournal Keperawatan (e-Kp). 2015;3(1):1–7.

Hargi JP. Hubungan dukungan suami dengan sikap ibu dalam pemberian asi eksklusif di wilayah kerja puskesmas arjasa kabupaten jember [Internet]. Universitas Jember. Universitas Jember; 2013. Available from: http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/8412/Jayanta Permana Hargi - 072310101008_1.pdf?sequence=1

Syamsiah S. Tingkat pengetahuan suami mengenai asi eksklusif dan hubungannya dengan penerapan breastfeeding father tahun 2010. J Kesehat Prima. 2011;3(1):1–13.

Mannion CA, Hobbs AJ, Mcdonald SW, Tough SC. Maternal perceptions of partner support during breastfeeding. Int Breastfeed J. 2013;8(4):1–7.

Hani RU. Hubungan dukungan suami terhadap keberhasilan pemberian asi eksklusif pada ibu primipara di wilayah kerja puskesmas pisangan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta; 2014.

Evareny L, Hakimi M, Padmawati RS. Peran Ayah dalam Praktik Menyusui. Ber Kedokt Masy. 2010;26(4).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v4i2.5497

Article Metrics

Sari view : 78 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

       

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.