Kualitas Pelayanan Persalinan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Sriratu Medan

Desi Lustiyani Putri Ndruru, Herbert Wau, Putranto Manalu

Abstract


Layanan kesehatan yang berkualitas adalah layanan kesehatan yang efisien, sebaliknya layanan kesehatan yang kurang atau tidak bermutu adalah akan membuat layanan organisasi menjadi sangat boros dan mengelurkan biaya yang mahal. Berdasarkan hasil survei awal yang telah dilakukan, data kunjungan ibu bersalin di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Sri Ratu Medan dalam tiga tahun terakhir menunjukan angka yang menurun pada tahun 2015 sebanyak 681 ibu bersalin, tahun 2016 sebanyak 573 ibu bersalin, tahun 2017 sebanyak 505 ibu bersalin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan persalinan dengan kepuasan ibu bersalin di RSIA Sri Ratu Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross- sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien ibu bersalin di RSIA Sri Ratu Medan dengan jumlah sampel 83 orang. Analisis dengan menggunakan uji Chi-square dengan α<0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai p-value antara bukti fisik (p-value = 0,001), kehandalan (p-value = 0,000), daya tanggap (p-value = 0,001), jaminan (p-value = 0,115), perhatian (p-value = 0,243) terhadap kepuasan ibu bersalin di RSIA Sri Ratu Medan. Terdapat hubungan yang bermakna antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap terhadap kepuasan ibu bersalin dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jaminan dan perhatian terhadap kepuasan Ibu Bersalin di RSIA Sri Ratu Medan.


Keywords


Bukti fisik; kehandalan; daya tanggap; jaminan; perhatian; kepuasan ibu bersalin

References


Kementerian Kesehatan. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta; 2018. doi:351.770.212 Ind P

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan; 2009.

Pohan I. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC; 2007.

Purwoastuti E, Walyani ES. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Pustaka Baru Press; 2015.

Legatum Institute. The Legatum Prosperity Index 2017. https://www.prosperity.com/rankings. Published 2018. Accessed November 11, 2018.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Profil Kesehatan Sumatera Utara Tahun 2017. Medan; 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2010. Jakarta; 2011.

Nurpahmi I, Emilia. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan ibu Hamil terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Bulan Juni Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 2016; 8(2): 35-40.

Sudian T. Hubungan Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Cut Mutia Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Kesehat Masyarakat. 2012: 1-10.

Kahar AW, Palu B, Raodhah S. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan Tahun 2017. Al-Sihah Public Healh Sci Journal. 2017; 9(2): 112-7.

Haposanita R, Jati, Sutopo P, Suparwati A. Hubungan Antara Persepsi Ibu Hamil tentang Mutu Pelayanan Antenatal dengan. Jurnal Kesehat Masyarakat. 2014; 2(2): 157-62.

Reinissa A, Indrawati F. Persepsi Ibu Nifas tentang Pelayanan Postnatal Care dengan Kunjungan Ulang. Higeia Journal Public Health. 2017; 1(4): 109-19.

Asmuji. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Arruzz Media; 2012.

Nwaeze IL, Enabor OO, Oluwasola TAO, Aimakhu CO. Nigeria 2017 Ibadan. Ann Ibadan Postgrad Med. 2013; 11(1): 22-8.

Nazariah, Marianthi D. Tingkat Kepuasan Ibu Post Partum Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Mahasiswa Fakultas Keperawatan. 2016; 1(1): 1-7.

Ramez W. Patients’ Perception of Health Care Quality, Satisfaction and Behavioral Intention: an Empirical Study in Bahrain. Int J Bus Soc Sci. 2012; 3(18): 131-41.

Zahruli. Pendekatan Mutu dan Kepuasan dalam Pelayanan Kesehatan. Medan: Universitas Hasanuddin; 2006.

Tjiptono F. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Publisher; 2006.

Parasuraman A, Zeithaml VA, Berry LL. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. J Mark. 1994; 58(1): 111. doi:10.2307/1252255.

Putri A, Herawati S, Mustika DN. Gambaran Tingkat Kepuasan Ibu Bersalin tentang Pelayanan Persalinan Program Jampersal Di BPM Yulia Kota Semarang. Jurnal Kebidanan Universitas Muhammadiyah Semarang. 2015; 2(1): 12-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbk.v5i2.7236

Article Metrics

Abstract view : 2714 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

              

    

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

joomla
visitors View My Stats