Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Juai Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Hendra Setiawan, M. Arifuddin Jamal, Abdul Salam M

Abstract


Pembelajaran IPA di SMP Negeri 2 Juai masih berpusat pada guru dan jarang melakukan percobaan sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan proses sains. Hal ini Mendorong peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan umum dalam penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan: (l) keterlaksanaan RPP, (2) pencapaian hasil belajar produk siswa, (3) pencapaian keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian adalah PTK terdiri yang dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juai. Teknik pengumpulan data  menggunakan lembar pengamatan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP model pembelajaran inkuiri terbimbing siklus I dan II adalah sangat baik, (2) ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA secara klasikal dari siklus I sampai dengan siklus II adalah mengalami peningkatan, (3) pencapaian keterampilan proses sains I dan II adalah mengalami peningkatan. Diperoleh Kesimpulan bahwa penggunaann model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Juai.

 

 

 


Keywords


Keterampilan proses sains siswa; inkuiri terbimbing; getaran dan gelombang

References


Ibrahim, M. dkk. (2010). Dasar-dasar proses Belajar Mengajar.Surabaya: Unesa University Press

Jihad, A. & Haris, A. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Puskur Balitbang. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

_________. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. http://bsnp-indonesia.org/id/ wp -content/uploads/ kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf. (diakses 25 mei 2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v4i1.1029

Article Metrics

Abstract view : 901 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 427 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License