Analysis of the Relationship Between Students' Discipline Attitude on Physics Student's Learning Outcomes
Abstract
This study aims to analyze whether student discipline affects physics learning outcomes in physics subjects at SMAN 8 Jambi City. The population in this study were all students of class X at SMAN 8 Jambi City. The sample of this study was students of class X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, totalling 79 students at SMAN 8 Jambi City. The regression test results stated that there was an influence between students' disciplined attitudes towards physics learning outcomes by 65%, while the remaining 35% was influenced by variables other than the variables studied. Based on the research results above, it can be concluded that there is a positive influence between learning disciplines on physics learning outcomes. Students who have a good discipline attitude will also experience an increase in obedience and perseverance in learning so that it has a good impact on learning outcomes. Vice versa, if students do not have a good learning discipline attitude, it will make students disorganized in the learning process and cause student learning outcomes to be not good.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimaun, I. (2015). Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar se-daerah binaan r.a.kartini kecamatan kutoarjo kabupaten purwerejo. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang)
Arrasyid, H., Jufrida, & Darmaji. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan lembar kerja siswa pada materi kalor dan perpindahannya kelas x sma pgri 2 jambi. Jurnal EduFisika, 2(2), 68–80.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2018). Sikap terhadap mata pelajaran ipa di smp se-kabupaten muaro jambi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 214-227.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi sikap implikasi sosial dari IPA, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir dibidang IPA siswa SMP se-kabupaten Muaro Jambi. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.
Barokah, S., Asrial, A., & Maison, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif fisika berbasis macromedia flash pada materi termodinamika untuk sma. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 26-32.
Chotimah, C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2018). Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Listrik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 36-39.
Dani, R., Latifah, N. A., & Putri, S. A. (2019). Penerapan pembelajaran berbasis Discovery learning melalui metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman konsep gerak lurus. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 24-30.
Dwijayanti, E., & Pathoni, H. (2016). Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas xa di sman 8 kota jambi. Jurnal EduFisika, 01(01), 18–21.
Elly, R. (2016). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 45–53.
Fakhruddin, F., Eprina, E., & Syahril, S. (2010). Sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan media komputer melalui model kooperatif tpe stad siswa kelas x3 sma negeri 1 bangkinang barat. Jurnal Geligga Sains, 4(1), 18–22.
Fitriani. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin terhadap hasil belajar ips siswa di smp karya indah kecamatan tapung. Jurnal PeKA, 4(2), 137–142.
Hamalik, O. (2014). Psikologi belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika di sma negeri 5 muaro jambi. EduFisika, 3(02), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 69–75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6449
Joneska, A. Astalini, A., & dan Susanti, N. (2016). Perbandingan hasil belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle dan index card match pada materi cahaya kelas viii smp negeri 3 batanghari. Jurnal EduFisika, 01(01), 28–31.
Jufrida, J., Basuki, F. R., Xena, A., & Hasminingsih, P. (2019). Pengembangan buku ipa berbasis kearifal lokal jambi pada materi tekanan serta getaran dan gelombang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 287-297.
Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Pathoni, H. (2019). Analisis korelasi sikap siswa dan disiplin siswa terhadap IPA pada Siswa SMP Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59-71.
Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Kurniawan, N. (2019). Analisis sikap siswa smp terhadap mata pelajaran ipa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 323. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i14
Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi sikap siswa smp terhadap ipa di kabupaten muaro jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.
Kurnia, N., Hendri, M., & Pathoni, H. (2016). Hubungan persepsi dengan hasil belajar fisika siswa kelas X Mia di SMA negeri 4 Kota Jambi dan sma negeri 11 kota jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 55-63.
Maulana, R., Jufrida, J., & Pathoni, H. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa menggunakan discovery based learning dengan bantuan lks digital materi fluida dinamik kelas xi sman 11 kota jambi. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(2).
Monalisa, P., & Sukarni, W. (2019). Analisis karakter”kreativitas” siswa kelas viii smpn 08 kota jambi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(2), 134–140.
Oktaviana, D., Jufrida, & Darmaji. (2016). Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas x mia 4 sma negeri 3 kota jambi. Jurnal EduFisika, 1(1), 7–12.
Pasaribu, D. S. (2017). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas x sman 10 muaro jambi. EduFisika, 2(2), 61–69. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043
Saputra, W. R., Hendri, M., & Aminoto, T. (2019). Korelasi motivasi dan hasil belajar ipa siswa kelas viii di smp negeri se-kecamatan jambi selatan. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(01), 36-45.
Susianah, & Yusuf, H. M. (2015). Pengaruh motivasi belajar dan kedisiplinan terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas mia sman 1 marioriwawo kabupaten soppeng. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 42–57.
Utami, S., Hendri, M., & Darmaji, D. (2017). Hubungan lingkungan belajar terhadap hasil belajar fisika kelas xi mia sma n 1 muaro jambi. Jurnal EduFisika, 2(2), 58–67.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v9i3.11340
Article Metrics
Abstract view : 388 timesPDF - 256 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License