Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pengajaran Langsung Pada Pokok Bahasan Tekanan Di SMP Negeri 11 Banjarmasin

Muhamad Habibi, Zainuddin Zainuddin, Misbah Misbah

Abstract


Perangkat pembelajaran pada pada awal semester II menggunakan model kooperatif, hasilnya terlihat siswa cenderung kurang menguasai kemampuan pemecahan masalah dalam mengerjakan soal. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah  menggunakan model pengajaran langsung  memiliki tujuan khusus: (1) mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, (2) mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (3) mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran yang ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa, (4) mendeskripsikan pencapaian kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari tes hasil belajar siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan desain model pengembangan Dick and Carey. Teknik pengumpulan data berupa validasi perangkat pembelajaran, pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, dan penilaian kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data bersifat deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, (3) efektifitas perangkat pembelajaran berkategori g-tinggi, (4) pencapaian kemampuan pemecahan masalah berkategori sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa perangkat pembelajaran IPA Fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah  menggunakan model pengajaran langsung yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Pengajaran Langsung

References


Amrira, P.D. M.Arifuddin. dan Misbah. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas X MS 4SMA Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (3), 304-316. Diakses 10 Mei 2016

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alia, N. & Supriyono. (2013). Penerapan Model Direct Instruction Dengan Menggunakan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan Pada Materi Pokok Azas Black. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol. 02 No. 03.

Cahyadi, V. (2003). The Effect of Interactive Engagement Teaching Method to Student Understanding of Introductory Physics at the Faculty of Engineering, University of Surabaya, Indonesia. University of Canterbury.

Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eggen, P & Kauchak D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi ke Enam. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey OfMechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, Vol. 66, No. 1.USA: Indiana University.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Refiana, Rina. M. Arifuddin & Sri Hartini. (2016). Meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas x MS3 SMAN 2 Banjarmasin pada materi gerak melingkar melalui pengajaran langsung bermetode pemecahan masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (1): 84-95. Diakses, 10 Mei 2016

Polya. G. (1973). How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Safputri, E.I. Zainuddin & Mastuang. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada materi ajar usaha dan energi dengan metode problem posing dalam setting model pengajaran langsung pada siswa kelas XI SMAN 4 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (2): 119-128. Diakses, 10 Mei 2016

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sofiyah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyidno & Jamal, M. A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Walidain, B., dan Evisarviana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMP N 1 Indrapuri. Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2234

Article Metrics

Abstract view : 1497 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License