Strategi Pemecahan Masalah Siswa pada Pretest Konsep Materi Kalor
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemecahan masalah siswa pada pretest konsep materi kalor, dan mengetahui pengaruh strategi pemecahan masalah siswa terhadap penguasaan konsep materi kalor. Penelitian ini menggunakan embededded design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 4 SMAN 3 Malang yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes uraian konsep materi kalor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemecahan masalah yang siswa lakukan dalam menyelesaikan masalah pada soal penguasaan konsep materi kalor adalah mapping mathematics to meaning, physical mechanism game, pictorial analysis, dan transliteration to mathematics. Hal ini mempengaruhi nilai rata-rata penguasaan konsep materi kalor. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa pada materi kalor pada pretest masih tergolong rendah dan masih banyak terdapat miskonsepsi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwan, A.A. (2011). Misconception of Heat and Temperature among Physics Students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 12.
Baser, M. (2006). Effect of Conceptual Change Instruction on Students’ Understanding of Heat and Temperature Concepts. Journal of Maltese Education Research, 4(1).
Giancoli, D.C. (2001). Fisika Edisi Kelima Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Halim, L., Dahlan, F., Treagust, D.F., & Chandrasegaran, A.L. (2012). Experiences of Teaching the Heat Energy Topic in English as a Second Language. Science Education International, 23(2).
Mariati, P.S. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2). (Online), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/2155/2249), diakses 22 Februari 2014.
Nottis, K.E.K., Prince, M.J., & Vigeant, M.A. (2010). Building an Understanding of Heat Transfer Concepts in Undergraduate Chemical Engineering Courses. US-China Education Review, 7(2). (Online), (files.eric.ed.gov/fulltext/ED511218.pdf), diakses 6 Mei 2014.
Ornek, F., Robinson, W.R., & Haugan, M.P. (2008). What makes physics difficult?. International Journal of Environmental & Science Education, 3(1). (Online), (http://eric.ed.gov/?q=physics+education&ft=on&pg=3&id=EJ894842), diakses 21 Januari 2014.
PISA. (2012). Performance of U.S. 15-Year-Old Students in Mathematics, Science, and Reading Literacy in an International Context. U.S. Department of Education. (Online), (http://nces.ed.gov/surveys/pisa/), diakses 22 Mei 2014.
Sarwi & Liliasari. (2009). Penerapan Strategi Kooperatif dan Pemecahan Masalah pada Konsep Gelombang untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2). (Online), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1016/926), diakses 22 Februari 2014.
Setyorini, U., Sukiswo, S.E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1). (Online),(http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1070/979), diakses 22 Februari 2014.
Subagyo, Y., Wiyanto, & Marwoto, P. (2009). Pembelajaran dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Suhu dan Pemuaian. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1). (Online), (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/999/917), diakses 22 Februari 2014.
Teodorescu, R.E., Bennhold, C., Feldman, G., & Medsker, L. New Approach to Analyzing Physics Problems: A Taxonomy of Introductionary Physics Problems. The American Physical Society. 9 (1).
TIMSS. (2011). TIMSS Results. U.S. Department of Education. (Online), (http://nces.ed.gov/TIMSS/results11.asp), diakses 22 Mei 2014.
Tuminaro, J., & Redish, E.F. (2007). Elements of A Cognitive Model of Physics Problem Solving: Epistemic Games.The American Physical Society. 3 (2).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2916
Article Metrics
Abstract view : 710 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 412 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License