Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam

Dewinta Oktaviana, Sri Hartini, Misbah Misbah

Abstract


Tidak tersedianya modul fisika yang memuat kaitan antara materi fisika dengan kearifan lokal melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian pengembangan modul fisika materi suhu dan kalor berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kelayakan modul fisika materi suhu dan kalor berintegrasi kearifan lokal yang layak untuk digunakan pada pembelajaran, dengan tujuan khususnya yaitu mendeskripsikan validitas modul fisika, kepraktisan modul fisika, efektivitas modul fisika, dan pencapaian karakter sanggam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba adalah siswa kelas X-2 di SMA Negeri 2 Paringin. Data diperoleh melalui lembar validasi, angket respon siswa, tes hasil belajar, dan lembar observasi karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi berupa isi dan tampilan modul berkategori cukup valid dengan nilai yaitu 79,41% dan 78,20%, (2) kepraktisan modul berkategori praktis dengan skor rerata 3,18, (3) efektivitas modul berkategori tinggi dengan skor N-gain yaitu 0,89, dan (4) pencapaian karakter sanggam berkategori baik dengan skor rerata yaitu 3,61. Simpulan penelitian adalah bahwa modul fisika berintegrasi kearifan lokal pembuatan minyak lala layak digunakan dalam pembelajaran.

 There is no physics module that contains between physics and local wisdom, becomes the background of this research. It is also the reason why the research is conducted to develop physics module with the local wisdom of making “minyak lala” to exercise “sanggam” character. This research aimed to describe the appropriateness of physics module of temperature and heat material that interacted with local wisdom which was suitable to use in the learning activity, with the special purposes of describing physics module validity, practicality of physics module, effectiveness of physics module, and achievement of “sanggam” character. This research was the development study by using ADDIE development model. The samples of the subject were students in X-2 class in SMA Negeri 2 Paringin. The data was obtained from sheet validation, questioner of student’s response, the learning outcome, the sheet of character observation. The result of the research showed that: (1) the validation of the contain and view of the module was valid enough with the score of 79,42% and 78,20%, (2) the module practicality categorized practice with the average score of 3,18, (3) the effectiveness module had high category with N-gain score 0.89, and (4) the achievement of “sanggam” character was good character with the average score of 3,61. The conclusion of this research is physics module that interact with local wisdom of making “minyak lala” is appropriate to use in learning activity.

 


Keywords


Modul; kearifan lokal; sanggam; Module; local wisdom

References


Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora , 3(2), 106-119.

Azizahwati, Maaruf, Z., Yassin, R. M., & Yuliani, E. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Jateng & DIY, ISSN: 0853-0823, 70-73.

Darvina, Y., Masril, & Murtiani. (2015). Implementasi Buku Ajar Fisika Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Kelas XI Semester 1 di SMA Kota Padang. Prosiding Semirata bidang MIPA BKS-PTN Barat, 132-140.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Sosio Didaktika, 1(2), 123-130.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Hidayanto, F., Sriyono, & Ngazizah, N. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Radiasi 9(1) , 24-29.

Hidayat, K. (2008). SANGGAM Perjalanan Panjang Menuju Otonomi Balangan (1963-2003). Surabaya: Perum Percetakan Negara RI.

Maulida, M., Wati, M., & Annur, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Fisika, 3(1), 11-19.

Misbah, Wati, M., & Lestari, P. A. (2016). Effectiveness Physics Module Class X Using Cooperative Learning Model With a Peer Assessment. International Conference on Educational Research and Innovation Proceedings, ISSN:2443-1753 , 199-202.

Mukarramah (2016). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Menggunakan Model Discovery Learning di SMAN 5 Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak Dipublikasikan.

Patmawati, D., Johar, R., & Zubaidah, T. (2013). Pembelajaran Segitiga dengan Pendekatan Konstektual Berbasis Karakter di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2) , 120-129.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmayanti, P. R., Wati, M., & Mastuang. (2017). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visual, and Intellegent (SAVI) untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Fisika, 4(3) , 192-200.

Wagiran. (2012). Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana. Jurnal Pendidikan Karakter. ISSN: 2089-5003, 2(3), 329-339.

Wati, M., Misbah, Ramadhaniah, N. I., & Mahtari, S. (2017). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) di SMAN 4 Banjarmasin. Proceeding Seminar Nasional IPA VIII, ISBN: 978-602-70197-3-7 , 117-123.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3894

Article Metrics

Abstract view : 4983 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3673 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License