Pengembangan Instrumen Kognitif Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Pesawat Sederhana

Nikmah Azizah, Mustika Wati, Abdul Salam M., Saiyidah Mahtari

Abstract


Instrumen kognitif keterampilan proses sains siswa masih belum tersedia dengan baik sehingga guru masih kesulitan dalam menilai kemampuan keterampilan proses sains siswa dikarenakan harus memerlukan waktu yang lama untuk mengamati siswa satu persatu melalui lembar observer. Untuk itu dilakukan pengembangan instrumen kognitif keterampilan proses sains siswa yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) validitas instrumen kognitif, (2) reliabilitas instrumen kognitif, dan (3) tingkat kesukaran butir soal instrumen kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Teknik analisis data berupa validasi instrumen kognitif, reliabilitas instrumen kognitif, dan tingkat kesukaran butir soal instrumen kognitif, menggunakan analisis program Rasch. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas instrumen yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid (2) Reliabilitas instrumen yang dikembangkan tergolong istimewa, dan (3) Tingkat kesukaran butir soal instrumen yang dikembangkan terbagi dalam empat tingkatan yaitu 2 butir soal kategori sangat sulit, 2 butir soal kategori sulit, 4 butir soal kategori mudah, dan 1 butir soal kategori sangat mudah. Diperoleh simpulan bahwa instrumen kognitif keterampilan proses sains yang dikembangkan berkualitas digunakan dalam evaluasi pembelajaran.

 

 


Keywords


Instrumen Kognitif; Keterampilan Proses Sains

References


Ancok, D. (1989). Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Dalam Singarimbun dan Effendi.,(Editor). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, S., & Lailatussaadah. (2016). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16: 169-179.

Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, D., & Azizah, U. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Komputer dengan Kombinasi Permainan "Who Wants To Be A Chemist" pada Materi Pokok Struktur Atom untuk Kelas X SMA RSBI. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012, (hal. B41-B50). Surabaya.

Sasanti, M., Hartini S., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan LKS dengan Model Inquiry Discovery Learning (IDL) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5: 46-59.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains SMP pada Materi Gerak. Prosiding Simposium Nasional dan Pembelajaran Sains 2015, Bandung. Hal. 217-220.

Uno, H. B., & Koni, S. (2014). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, D. F. & Putra, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Standar pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 Di Kabupaten Banjar. Proceeding Biology Education Conference, Banjarmasin. Hal: 75-82

Widoyoko, E. P. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainab, S., & Wilujeng, I. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Objektif Pilihan Ganda untuk Mengukur Penguasaan Materi Ajar Gerak Lurus dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika FMIPA UNY, 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3933

Article Metrics

Abstract view : 1157 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 835 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License